fbpx
Connect with us

Peristiwa

Lebih dari 80 Persen Kasus Covid di Gunungkidul Merupakan OTG

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Sampai dengan saat ini, puluhan kasus covid-19 terjadi di Gunungkidul. Dinas Kesehatan menyebut, lebih dari 80 persen merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Banyaknya jumlah kasus yang terjadi diduga kurangnya ketaatan masyarakat mengikuti protokol covid.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty menjelaskan jumlah kasus saat ini menyentuh angka 42 kasus. Banyak dari mereka merupakan OTG yang tidak sadar mereka mengalami sakit.

Ada lebih dari 80 persen kasus OTG memang mereka tidak merasakan gejala ataupun sakit ketika awal terserang covid,” kata Dewi, Minggu (07/06/2020).

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya OTG ini berpeluang menjadikan jumlah kasus bertambah banyak. Untuk penularannya sendiri, OTG ini juga sama dengan orang dengan gejala yakni melalui droplet yang keluar dari hidung atau mulut saat batuk atau bersin.

Berita Lainnya  Bermain Air di Bawah Tebing, Bocah 9 Tahun Dihempas Ombak

Tetesan itu kemudian mendarat di benda atau permukaan yang disentuh dan orang sehat. Lalu orang sehat ini menyentuh mata, hidung atau mulut mereka. Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil itu dihirup oleh orang sehat ketika berdekatan dengan yang terinfeksi corona.

Batuk dan bersin tidak harus sakit. Keduanya merupakan mekanisme pertahanan tubuh ketika kemasukan benda asing seperti debu atau lainnya,” kata Dewi.

Pihaknya menilai, penyebaran kasus yang terjadi saat ini dikarenakan kurang taatnya masyarakat menjalankan protokol covid. Tindakan cuci tangan dan mengenakan masker wajib selalu digunakan di saat seperti ini.

Yang jelas penularan masih terus terjadi. Adanya penularan tentu karena tidak terlaksananya protokol kesehatan,” terang dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler