fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Lebih Nyaman dan Lebih Mudah, Mall Pelayanan Publik Selang Mulai Banjir Pengunjung

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Akhir tahun lalu pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan Pemerintah Pusat membuka Mall Pelayanan Publik (MPP) di kawasan Terminal Tipe A Dhaksinarga, Kalurahan Selang, Kapanewon Wonosari. Tempat pelayanan terpadu ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan pemerintah. Sejauh ini, respon masyarakat terkait dengan MPP sangat positif. Sejak mulai dioperasikan Desember 2020 silam, sudah ada kurang lebih 12.345 orang yang mengakses layanan di MPP. Pemerintah sendiri juga merencanakan pembangunan MPP yang lebih representatif.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu (DPMPT) Gunungkidul, Irawan Jatmiko memaparkan, pembangunan MPP di Kawasan Terminal Dhaksinarga dimaksudkan juga untuk meningkatkan aktivitas di terminal agar tidak kosong. Selain itu yang utama tentunya memberikan layanan yang terpadu di satu kawasan. Dengan kompleks layanan terpadu ini, masyarakat tentunya lebih mudah dalam mengurus dokumen pemerintahan.

“Memang memberikan kemudahan bagi masyarakat, sehingga respon masyarakat sangat positif,” ucap Irawan, Senin (31/05/2021) siang.

Di MPP Terminal Selang, sementara baru membuka unit layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, BKAD, Dinas Sosial dan DPMPT. Mayoritas adalah pelayanan pengurusan dokumen administrasi dan kependudukan, kemudian layanan dinas sosial.

“Ke depan tentunya akan kami kembangkan lagi. Sudah ada cek lokasi yang dilakukan oleh BPD, BDG, PDAM, dan Polres yang sudah menyatakan bergabung,” imbuh dia.

Ia menambahkan, pemerintah berecana akan memperluas dan memberikan akses sarana prasarana yang lebih memadahi di MPP ini. Saat ini tengah digagas untuk pembangunan travelator atau eskalator flat dan sarana prasarana lainnya.

“Ini untuk memudahkan masyarakat dan teman-teman disabilitas. Kita sudah usulkan 10 miliar untuk sarpras utama yang akan dibiayai oleh pemerintah pusat,” papar Irawan.

“Kemarin sudah ada kunjungan dari Sekretaris Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Akan diusahakan untuk pembangunan ini karena saat ini memang ada refocusing anggaran dari pusat,” imbuhnya.

Sementara anggaran dari pemerintah kabupaten digunakan untuk melengkapi partisi, furniture, komputer, mesin antrian, AC, dan yang lainnya.

Kepala Dukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja menambahkan, layanan dokumen kependudukan di MPP Selang cukup tinggi setiap bulannya. Selain di sana ada berbagai terobosan layanan yang diberikan untuk memudahkan masyarakat.

“Iya kita buka layanan di MPP, kantor Dukcapil, Kalurahan, Kapanewon, dan ada upaya jemput bola juga,” ujar Markus.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler