fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lezat dan Berkhasiatnya Makanan Olahan Bekicot di Balik Bentuknya Yang Membuat Geli

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Rasanya pedas manis gurih yang lumer bercampur menjadi satu. Di setiap gigitannya yang agak kenyal semakin menambah sensasi kelezatannya. Siapa sangka hewan yang berlendir dan merayap di dataran ini ternyata sangat nikmat disantap. Bahkan, sejumlah orang percaya bahwa kandungan gizi dalam makanan bekicot ini sangat berguna untuk kesehatan.

Siput atau di Kabupaten Gunungkidul lebih akrab disebut bekicot memang secara kasat mata terlihat cukup menjijikkan. Adanya lendir dalam struktur tubuh binatang ini membuat banyak orang bergidik ngeri. Namun di tangan yang tepat, bekicot bisa dimasak menjadi makanan yang lezat. Dengan olahan satai maupun rica-ricanya, bekicot kini justru banyak jadi incaran warga masyarakat atau bahkan wisatawan yang tertarik mencobanya.

Salah seorang warga yang cukup handal dalam membuat masakan dari bekicot adalah Prihatin Budi Lestari, warga Padukuhan Kerdon, Desa Jatiayu, Kecamatan Karangmojo mampu merubah makanan yang banyak dikatakan orang sebagai nggilani menjadi makanan yang justru digandrungi. Ia mulai terinspirasi untuk membuat olahan bekicot karena banyak tetangganya yang bekerja sebagai pencari hewan tersebut.

Prihatin membeli bekicot mentah dengan harga Rp. 85.000,- per kilogramnya. Bekicot tersebut kemudian ia cuci bersih. Proses selanjutnya adalah merebus bekicot yang telah bersih tersebut. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa lendir dari bekicot hilang..

Setelah bekicot usai direbus, bumbu seperti lengkuas, bawang putih, jahe, kunyit bawang merah, merica, gula, daun jeruk garam penyedap rasa dan cabai yang sudah ditumbuk halus dicampurkan. Bumbu ini lalu digongso kemudian dicampurkan bekicot. Lalu ia tambahkan air secukupnya dan diungkep sekitar setengah jam.

“Setelah itu dipastikan dulu kalau air sudah tidak ada, dicek bumbunya sudah meresap atau belum,” terang perempuan yang akrab dipanggil Tari kepada pidjar.com, Minggu (30/06/2019).

Ia bercerita, olahan bekicot matang yang lezat ini ia jual Rp. 120.000,- per satu kilogramnya. Kendati harganya relatif cukup tinggi, makanan ini lambat laun mulai banyak diminati. Rasanya yang lezat dan gurih membuat dengan cepat rica-rica bekicot menjadi favorit banyak orang. Pesanan yang datang melalui sosial media maupun pemasaran dunia nyata deras mengalir kepadanya.

“Ternyata respon pasar lumayan, saya masak berdasarkan pesanan masuk nanti kami COD dengan pembeli,” imbuhnya.

Sementara itu, Kurniawan salah satu penggemar olahan bekicot mengatakan, rica-rica bekicot menambah varian baru olahan makanan ekstrim di Kabupaten Gunungkidul. Bekicot yang hanya akrab dengan varian satai kini ada varian rica-rica. Ia menyebut bekicot memiliki segudang khasiat.

“Salah satunya memulihkan stamina, bekicot dipercaya memiliki kandungan zat anti kanker dan antioksidan, sehingga bagi pengonsumsi bekicot imunitas tubuh akan meningkat,” kata dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler