fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Libatkan Akademisi Untuk Ikut Rumuskan Pembangunan, Pemkab Gunungkidul Gandeng UGM

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Dalam rangka untuk optimalisasi pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul akan melibatkan kalangan akademisi. Dengan kajian-kajian yang matang, diharapkan nantinya kebijakan maupun program-program yang diputuskan oleh pemerintah bisa efektif dan berdampak secara maksimal. Beberapa waktu silam Pemkab Gunungkidul menjalin kesepakatan dengan pihak Universitas Gajah Mada (UGM). Dengan adanya peran dari akademisi, diharapkan mampu menunjang pembangunan di Gunungkidul dari seluruh aspek yang ada.

Dalam pertemuan yang digelar di Ruang Multimedia Gedung Pusat UGM, Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., IPU, ASEAN Eng., menyampaikan, diskusi antara pimpinan UGM dan pimpinan daerah merupakan hal yang penting dilakukan pada saat ini. Adanya diskusi tersebut adalah untuk mengetahui dengan pasti permasalahan yang dihadapi secara menyeluruh. Sehingga ke depannya, dukungan yang diberikan akan tepat sasaran.

Berita Lainnya  Genjot Penerimaan PBB, Pemkab Gunungkidul Perpanjang Masa Bebas Denda dan Sediakan Hadiah 5 Motor

Ia menambahkan, baik dosen ataupun mahasiswa UGM memiliki pengalaman dalam perannya menyelesaikan persoalan di berbagai wilayah di Indonesia. Sehingga UGM merupakan tempat dosen dan mahasiswa yang bisa diarahkan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat pada berbagai aspek.

“Tentunya sangat baik apabila kita mengetahui secara langsung dari Bupati dan delegasi yang hadir, para kepala bidang dan juga kepala dinas,” ucap Panut.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengungkapkan persoalan di masyarakat Gunungkidul sendiri memang begitu kompleks yang perlu dipetakan. Sehingga diharapkan dari kerjasama yang terjalin ini, dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat Gunungkidul. Peran akademisi menurutnya sangat penting. Dengan berbagai macam kajian, mereka dapat mengelompokkan sektor-sektor tertentu sehingga berjalannya pembangunan ataupun program dapat lebih cepat dan tepat.

Berita Lainnya  Miliaran Untuk Tata Wajah Kota, Bangun Icon Tobong di Bundaran Siyono dan Tata Trotoar Seperti Malioboro

“Kabupaten Gunungkidul banyak akan potensi dan sumberdaya, namun dengan peran besar UGM diharapkan akan lebih maju dan berkembang,” ungkap Sunaryanta.

Sunaryanta menegaskan, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berupaya mengedepankan ekonomi kerakyatan untuk dikembangkan. Sektor pariwisata yang menjadi andalan Gunungkidul pun dalam beberapa waktu terakhir ini berkembang begitu pesat sehingga menjadi peluang besar bagi daerah dan masyarakat. Sementara dalam sektor investasi, di Gunungkidul turut memunculkan beberapa potensi yang baru dirintis.

“Upaya-upaya pengembangan daerah memerlukan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari perguruan tinggi. Di Gunungkidul saat ini masih banyak yang membutuhkan perhatian,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler