fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Efek Minum Kopi Sebelum Sarapan

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Secangkir kopi di pagi hari dapat menjadi penambah semangat sebelum memulai aktivitas. Namun, jangan coba-coba mengonsumsinya sebelum sarapan. Hal ini terkait dengan salah satu hormon dalam tubuh, yaitu hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan hormon yang berfungsi untuk memicu berbagai proses metabolisme dalam tubuh dan membuat tubuh lebih segar serta terjaga.Kadar kortisol paling tinggi terjadi di pagi hari, setelah bangun tidur.Kadar hormon ini akan terus menurun, hingga paling rendah sebelum tidur di malam hari.

Rupanya, kafein dalam kopi bekerja serupa dengan kortisol. Bila Anda minum kopi sesaat setelah bangun tidur, di mana kadar kortisol sedang tinggi, maka kafein akan ‘menggantikan’ fungsi kortisol tersebut. Jika berlangsung terus menerus, tubuh secara otomatis akan memproduksi kortisol lebih sedikit, sehingga Anda akan bergantung pada kafein untuk membuat tubuh lebih berenergi. Bagi Anda penggemar kopi, pastikan untuk sarapan terlebih dahulu agar kesehatan tubuh, khususnya pencernaan, tetap terjaga. Jika tidak, maka akan muncul efek seperti berikut ini.

Berita Lainnya  Lima Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Perut Kembung

Minum kopi dalam kondisi perut kosong akan memicu rasa begah, kembung, dan nyeri ulu hati. Hal ini terutama bagi Anda yang memiliki riwayat dispepsia atau sakit mag sebelumnya. Selain itu, jika Anda sudah mengalami tukak lambung, maka minum kopi akan memperburuk kondisi luka atau iritasi di lambung. Ternyata minum kopi sebelum sarapan memiliki dampak serius bagi tubuh.

Kenaikan Asam Lambung

Minum kopi di kala perut belum terisi apapun dapat membahayakan bagian lambung di mana bahkan kopi dekafein sendiri sudah dibuktikan mampu menjadi perangsang produksi asam. Ketika keasaman perut meningkat, maka mual dan ingin muntah disertai rasa pusing hingga vertigo bisa terjadi. Alhasil, tubuh terasa kurang baik karena ganguan pencernaan pada lambung ini.

Perut Mulas

Masih terkait dengan kenaikan asam lambung yang sebelumnya sudah secara singkat dijelaskan. Mengonsumsi kopi padahal perut belum terisi makanan bakal menjadikan keasaman perut naik dan inilah yang kemudian menjadi faktor penyebab munculnya rasa mulas. Bila sudah seperti ini, cobalah untuk minum air putih hangat supaya merasa lebih baik.

Berita Lainnya  Menikmati Sensasi Olahan Daging Kambing Khas Sate Tobong, Rasa Nikmat dan Anti Prengus

Gangguan Nutrisi

Sebuah hasil studi dari Jepang, tepatnya yang dilakukan di Yokohama City University School of Medicine menyatakan bahwa kopi menjadi penyebab atau fasilitas dari proses pengosongan lambung. Baik itu kafein atau kopi yang tanpa kafein memiliki efek yang sama buruknya bagi kesehatan. Untuk kafein sendiri diketahui berperan dalam mempercepat proses pengeluaran cairan dari dalam tubuh melalui kinerja ginjal sehingga akan lebih sering ke kamar mandi untuk membuang urine. Dengan demikian, otomatis tubuh tak memiliki cukup waktu dalam hal penyerapan mineral, seperti halnya seng, magnesium dan kalsium serta mineral penting lain.

Kerusakan Gigi

Terlalu sering meminum kopi terlebih ketika perut dalam kondisi kosong bisa memicu juga kekurangan magnesium di dalam tubuh. Karena kekurangan magnesium, maka otomatis kebiasaan minum kopi pada waktu perut kosong ini secara tidak langsung akan menjadi penyebab dari serangkaian masalah kesehatan.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler