fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Lima Hari Pelaksanaan Gunungkidul Expo 2023, Nilai Transaksi Tembus 1,1 Miliar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada acara Gunungkidul Expo 2023 yang diselenggarakan sebagai rangakaian acara hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke-192 telah usai dan sukses menyedot perhatian. Lima hari diselenggarakannya acara tersebut, tercatat perputaran uang yang terjadi lebih dari Rp. 1 miliar.

Sekretaris Dinas Perdagangan Gunungkidul, Yuniarti Ekoningsih, menyampaikan lebih dari 100 UMKM turut berpartisipasi dalam Gunungkidul Expo tahun 2023 ini. Sejak dibuka pasa 26 Mei lalu, ratusan bahkan ribuan pengunjung memadati lokasi pameran di area Taman Budaya Gunungkidul (TBG). Hingga pameran resmi ditutup pada Selasa (30/06/2023) kemarin, tercatat perputaran uang yang berlangsung mencapai Rp. 1.152.754.000.

“Jumlah tersebut merupakan transaksi tunai dan non tunai yang dilaporkan sewaktu penutupan Gunungkidul Expo,” kata Yuniarti Ekoningsih, Rabu (31/05/2023).

Berita Lainnya  Persoalkan Banyaknya Atlet Berbakat Gunungkidul Pindah, Ketua DPRD Minta Dinas Anyar Diberi Target Khusus

Disebutnya transaksi tunai saat penyelenggaraan pameran menjadi paling banyak, tercatat Rp. 1.135.393.500 dibukukan sebagau transaksi tunai dalam penyelenggaraan pameran selama lima hari tersebut. Selain itu transaksi non tunai tercatat sebesar Rp. 17.369.500. Selain perputaran uang yang terjadi di dalam area pameran, tercatat perputaran uang dari pedagang mandiri di sekitar lokasi pameran hingga Rp. 6.965.000 serta parkir menyentuh nilai Rp. 9.467.000.

“Penyelenggaraan ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari Dana Keistimewaan. Kami berterimakasih atas dukungan yang diberikan selama penyelenggaraan berlangsung,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Gunugkidul, Sri Suhartanta, menyebut Gunungkidul Expo yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini merupakan kontribusi Pemkab Gunungkidul untuk menyediakan wadah dan ruang yang lebih luas bagi pelaku UMKM di Gunungkidul untuk mempromosikan produknya. Pelaku UMKM kedepannya masih banyak tantangan yang harus dihadapi sehingga pelaku UMKM harus terus berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan produknya dengan tetap menjaga kualitas dan strategi pemasaran yang efektif.

Berita Lainnya  Telan Dana 6 Miliar, Pasar Legundi Mulai Beroperasi

“Pemkab tentunya akan terus memberikan dukungan bagi pelaku UMKM di Gunungkidul,” tutup Sekda Gunungkidul, Sri Suhartanta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler