fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Jenis Pisang yang Cocok Untuk Kolak

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Pisang merupakan bahan yang lazim dijadikan kolak. Namun, tak semua jenis pisang bisa dijadikan kolak. Hanya beberapa jenis pisang saja yang bisa dijadikan kolak yang lezat. Jadi, Anda jangan sampai sembarang memilih jenis pisang saat hendak membuat kolak nanti. Untuk membantumu menentukan jenis pisang yang tepat, kami akan memberikanmu sejumlah rekomendasi jenis pisang yang cocok untuk dijadikan kolak. Tak hanya jenis pisang, kami pun juga bakal memberikan beberapa rekomendasi varian menu kolak. Siapa tahu nanti Anda hendak membuat kolak yang berbeda dari biasanya. Untuk selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.

Pisang Kepok

Pisang pertama yang cocok dijadikan kolak adalah pisang kepok. Pisang ini cocok dijadikan kolak lantaran memiliki tekstur yang empuk. Ada dua jenis pisang kepok yang ada di pasaran. Pisang kepok kuning dan putih adalah dua jenis pisang tersebut. Di antara keduanya, pisang kepok kuning adalah yang paling direkomendasikan. Jenis pisang kepok tersebut direkomendasikan lantaran isinya yang lebih padat dan cita rasanya yang lebih sedap. Selain dijadikan kolak, pisang kepok juga bisa diolah menjadi pisang goreng atau keripik pisang.

Pisang Tanduk

Ini merupakan salah satu jenis pisang yang ukurannya cukup besar. Pisang ini layak dijadikan kolak karena rasanya yang manis, serta teksturnya yang agak legit. Selain berbentuk besar, pisang satu ini juga mempunyai sejumlah ciri khas. Mulai dari kulitnya yang tebal, berbintik hitam, warna kulitnya yang agak kemerahan, hingga daging buahnya yang putih kekuningan. Tak hanya cocok dijadikan kolak, jenis pisang ini juga cocok dijadikan pisang goreng, pisang kukus, hingga kroket pisang.

Pisang Raja

Ini merupakan pisang yang dikenal dengan julukan rajanya pisang. Julukan ini wajar mengingat cita rasanya yang manis. Selain manis, jenis pisang ini juga bisa diolah dalam kondisi apa pun, entah di saat masih mentah maupun di kala sudah matang. Bila hendak dijadikan kolak, Anda harus merebus jenis pisang ini terlebih dulu. Hal itu dilakukan agar getah pada pisang ini lebih mudah luntur. Selain dijadikan kolak, pisang ini juga bisa diolah menjadi keripik maupun kue.

Pisang Uli

Jenis pisang satu ini merupakan pisang yang lazim dibeli pedagang kolak. Pisang ini lazim dibeli lantaran harganya yang murah. Sesisir pisang ini bisa dibawa pulang dengan kocek Rp. 10 ribu saja. Selain murah, pisang uli juga memiliki cita rasa yang manis, serta tidak mudah lembek. Pisang ini pun juga cocok dibuat menjadi olahan-olahan lainnya. Mulai dari pisang goreng, pisang cokelat (piscok), dan banana nugget. Untuk membeli sesisir pisang ini, Anda bisa datang ke toko buah atau pasar tradisional di dekat rumah.

Pisang Nangka

Jenis pisang ini memiliki ciri khas berupa aromanya yang harum dan khas. Yang membuat pisang ini layak dijadikan kolak adalah rasanya yang manis dan agak sedikit asam. Selain itu, teksturnya yang agak keras adalah alasan lainnya. Ciri khas lainnya pisang ini adalah warna kulitnya yang hijau. Warna kulit tersebut membuat pisang ini sulit dibedakan dengan pisang mentah. Adapun yang membuatnya berbeda dengan pisang mentah adalah warna tandannya yang berwarna hijau.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler