fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Air Rebusan Lengkuas

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Lengkuas dipercaya baik untuk antioksidan, anti inflamasi dan antimikroba. Kandungan yang berada di dalam lengkuas memang begitu banyak seperti mineral dan vitamin. Selain itu ada berbagai macam kandungan yang dimiliki lengkuas, seperti lemak total, karbohidrat, sodium, vitamin C, vitamin A, amino acids, kalsium, zat besi dan yang lainnya. Berikut ini lima manfaat air lengkuas bagi kesehatan dilansir dari aksamala.co.id.

Meredakan batuk

Lengkuas sangat efektif untuk meredakan batuk, entah batuk berdahak atau pun batuk kering. Anda dapat mengkonsumsi air sadapan dari tanaman lengkuas secara rutin, sehingga batuk lekas hilang dan reda. Bila intensitas batuk cukup tinggi, konsumsi air sadapan lengkuas 3 hingga 4 kali dalam sehari.

Mengatasi asma

Kandungan anti inflamasi yang dimiliki lengkuas sangat berguna melebarkan saluran bronkiolus. Untuk penderita asma, tentu saja hal ini begitu membantu karena dapat mengatasi masalah asma. Bila asma yang Anda derita hingga sekarang masih sering kambuh, Anda dapat mengkonsumsi air sadapan lengkuas ini dengan rutin, karena dapat mengurangi timbulnya asma.

Penyembuhan diare

Lengkuas mempunyai sifat anti mikroba. Zat ini mempunyai peran penting bagi kesehatan pencernaan. Jika sekarang ini Anda sedang terkena gangguan pencernaan seperti diare, tanaman ini bisa digunakan sebagai obat yang tepat. Kandungan anti mikrobanya dapat melawan bakteri yang menjadi penyebab diare.

Menurunkan kolesterol

Sebuah penelitian mengungkapkan bila nutrisi yang ada di dalam lengkuas akan mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Oleh sebab itu, jika kadar kolesterol Anda sekarang tinggi, lebih baik segera mengkonsumsi air sadapan ini dengan teratur sehingga bisa membantu kadar kolesterol.

Mencegah tumor serta kanker

Kehebatan air sadapan tanaman lengkuas tidak cukup sampai di sana, air sadapan ini bahkan bisa mencegah kanker serta tumor. Dalam sebuah penelitian juga disebutkan bila lengkuas mempunyai zat yang mengandung antioksidan sehingga memiliki sifat anti kanker. Manfaat ini dapat melindungi tubuh.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler