fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Manfaat Mencuci Tangan Bagi si Kecil

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Mencuci tangan wajib dilakukan dan dibiasakan karena tangan adalah salah satu sumber berbagai penyakit pada anak. Dengan rajin mencuci tangan, akan meminimalisir kuman bakteri untuk masuk ke dalam tubuh si kecil. Pasalnya tangan adalah anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda lain yang tidak diketahui kebersihannya, apakah banyak mengandung kuman, bakteri dan bisa jadi virus. Jangan dianggap sepele, jika Anda bisa mengajarkan si kecil rutin mencuci tangan, berikut manfaat yang akan dirasakannya.

Mencegah Sakit Perut Dan Diare

Tangan merupakan sumber kuman dan bakteri, karena tangan melakukan kontak langsung dengan orang lain, memegang benda yang belum tentu bersih dan aktivitas lainnya. Tangan yang tampaknya bersih beum tentu terbebas dari kuman dan bakteri. Maka dari itu mulai biasakan si kecil untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas apalagi sebelum makan. Taukan ibu kalau tidak semua penyebab sakit perut dan diare dikarenakan makanan yang tidak bersih? Bisa jadi karena tangan si kecil yang tidak terjaga kebersihannya dan memegang makanan yang akhirnya masuk ke tubuh si kecil. Dengan kebiasaan menuci tangan ternyata dapat mengurangi hampir 50% penyebab diare pada anak.

Peta Sebaran Status COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul
*Credits: https://bit.ly/statCovGK (updated)

Mencegah Infeksi Pada Mata Karena Tangan Yang Kotor

Berita Lainnya  Lima Fakta Tentang Cincin Pernikahan

Anak balita tentu belum paham sepenuhnya bahaya kotor pada tangan. Bisa saja setelah bermain di luar dia langsung asyik makan tanpa mencuci tangannya. Dan pada akhirnya mengakibatkan si kecil terkena sakit perut atau diare. Tidak hanya perut, begitu pun dengan mata bisa fatal saat tangan si kecil tidak bersih. Tanpa disadari, tangan kotor si kecil mengusap mata dan pada akhirnya menyebabkan berbagai penyakit mata. Salah satunya adalah infeksi pada mata yang berakibat mata merah dan jadi iritasi. Hal ini bisa terjadi karena debu atau kotoran yang masuk ke dalam mata melalui perantara tangan yang tidak bersih. Jika mata si kecil mulai memerah, ibu bisa langusng berkonsultasi ke dokter mata untuk mendapatkan obat tetes yang aman untuk si kecil.

Kuman Dan Bakteri Tidak Berkembang Biak

Percayalah dengan mencuci tangan akan membunuh bakteri dan kuman di tangan anak. Namun, ibu harus tahu bagaimana cara mencuci tangan yang benar. Yaitu mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan juga menggunakan sabun.Mencuci tangan dengan sabun, ibu bisa membunuh hampir seluruh bakteri dan kuman yang ada di tangan si kecil. Bakteri dan kuman yang sudah terbunuh tentu tidak akan bisa berkembang biak. Selama si kecil bisa menjaga kebersihan tangannya, dia akan terhindar dari bakteri dan kuman yang jahat.

Berita Lainnya  Delapan Manfaat Makan Bersama Keluarga di Rumah

Terhindar Dari Cacingan Yang Bisa Mengganggu Kesehatan

Ibu takut si kecil terkena cacingan? Maka dari itu jangan lupa untuk mencuci tangan buah hatimu. Karena selain faktor makanan dan lingkungan yang kotor, cacingan bisa juga karena tangan yang tercemar kotoran dan masuk ke dalam mulut. Apalagi ternyata si kecil memegang benda yang sudah terkontaminasi larva cacing dan tangan tersebut digunakan untuk makan atau hanya sekedar masuk ke dalam mulut. Inilah salah satu akibat anak cacingan.

Mengajarkan Anak Disiplin Dan Menjaga Kebersihan

Manfaat dari mencuci tangan tidak melulu terbebas dari berbagai penyakit. Membiasakan anak mencuci tangan ternyata membangun gaya hidup sehat si kecil sejak dini. Ditambah si kecil akan menjadi disiplin kepada dirinya karena tidak malas membersihkan tangannya. Walaupun terlihat sepele, dengan mencuci tangan, si kecil sadar bahwa dia telah menjaga kesehatan dirinya dengan baik.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler