fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Mencegah Kulit Bibir Menjadi Kering

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Kulit bibir memang rentan kering dan pecah-pecah, tetapi area di sekitar sudut bibir juga kerap mengalami hal serupa. Bagi yang sedang mengalami masalah ini, biasanya jadi kurang percaya diri karena membuat tampilan lipstik tidak maksimal. Foundation jadi terlihat lebih kering di area itu dan kondisi kulit kering seakan jadi pertanda jika Anda kurang memperhatikan kesehatan kulit. Jadi, Anda harus mencoba meluangkan waktu untuk merawat kondisi kulit di sekitar bibir kering.

Mandi dengan Air Dingin

Saat udara cukup dingin, biasanya mandi menggunakan air panas jadi salah satu kegiatan yang banyak dipilih orang. Namun, terlalu lama atau sering mandi menggunakan air panas bisa memberi efek buruk pada kulit. Suhu air yang tinggi akan membuat lapisan minyak alami di kulit ikut terangkat sehingga kulit terasa kering. Terlebih jika air panas ini digunakan untuk mencuci wajah. Area kulit di sekitar sudut bibir pun akan dengan mudah terlihat kering dan terkelupas. Jadi, akan lebih baik mandi menggunakan air dingin untuk menjaga kulit tubuh tetap lembap dan tidak kering.

Hindari Menjilat Bibir Terlalu Sering

Berita Lainnya  Enam Manfaat Baik dari Susu Kedelai

Menjilat bibir merupakan kebiasaan yang umum dilakukan banyak orang ini, ternyata hal ini adalah salah satu faktor utama penyebab sudut area bibir tampak kering. Alih-alih membuat bibir lembap, kebiasaan menjilat bibir justru bisa membuat kulit menjadi semakin kering. Saliva akan menguap dengan cepat yang akhirnya membuat kondisi kulit menjadi lebih kering, bahkan lebih dari sebelumnya. Tidak hanya pada bibir saja, kondisi ini juga bisa dialami kulit sekitar sudut bibir.

Gunakan Pelembap atau Lip Balm

Mengaplikasikan pelembap pada kulit merupakan tindakan pertama yang perlu dilakukan. Selain produk pelembap biasa, bisa juga mengaplikasikan lip balm di luar garis bibir untuk bantu melembapkan tekstur kulit. Jika menggunakan produk pelembap, sebaiknya pilih yang tinggi kandungan pelembab dan tidak mengandung bahan yang rentan memberi efek iritasi.

Berita Lainnya  Enam Manfaat Mengkonsumsi Pare Bagi Kesehatan

Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen tidak hanya diperlukan pada area tubuh yang terekspos langsung dengan matahari, seperti lengan dan kaki. Wajah terutama kulit di bagian luar bibir juga perlu mendapat perlindungan agar tidak kering. Karena paparan sinar matahari yang terik tidak hanya membuat bibir kering tapi juga area kulit di sekitarnya. Namun, tidak bisa asal memilih produk, pastikan untuk menggunakan sunscreen dengan tingkat SPF 30 atau lebih.

Minum Air Putih

Selain beberapa perawatan menggunakan produk perawatan, Anda juga perlu memerhatikan asupan air putih. Karena kurangnya cairan dalam tubuh tidak hanya membuat dehidrasi tapi juga menjadikan tampilan kulit terlihat kering dan kasar. Jika area bibir sudah tampak kering, segeralah minum air putih dengan takaran yang sesuai. Atau usahakan untuk mengonsumsi segelas air setelah melakukan perawatan di area mulut seperti menyikat gigi dan menggunakan obat kumur.

Berita Lainnya  Enam Keunggulan Bonsai Kemuning

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler