fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Tips Mengelola THR Dengan Bijak

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)—Natal sebentar lagi. Bagi Anda yang mendapatkan THR, Anda  mulai memikirkan barang-barang yang sudah diinginkan, baju baru, celana baru, atau apapun yang baru. Namun, pola pikir yang seperti itu salah karena uang THR akan habis dalam waktu singkat. Jadi, Anda harus mengelola uang THR dengan bijaksana ya! Anda  bisa mengikuti beberapa cara ini untuk mengelola THR dengan cerdas.

Gunakan untuk Membayar Hutang

Kalau Anda  memiliki hutang yang belum lunas, sebaiknya gunakan sejumlah uang THR ini untuk membantumu melunasi hutang. Mempunyai hutang yang berlarut-larut akan memberatkan finansialmu karena akan semakin sulit menabung karena pendapatan dipakai untuk membayar hutang. Nah, Anda bisa sisihkan 15 persen dari THR untuk keperluan membayar hutang.

Sisihkan Investasi

Berita Lainnya  Lima Makanan yang Mengandung Kolagen

Sebaiknya uang THR tidak Anda gunakan untuk memenuhi pengeluaran sehari-hari, tetapi untuk pemakaian jangka panjang. Kemungkinan Anda  akan menjadi lebih boros jika uang THR digunakan untuk keperluan sehari-hari. Jadi, lebih baik sisihkan uang THR untuk modal investasi. Dengan begitu, uang THR akan bermanfaat dalam kehidupan finansial Anda. Anda bisa menggunakan 10 persen uang dari THR untuk investasi.

Sisihkan untuk Sedekah

Perayaan Idul Fitri bukan sekedar perayaan semata tetapi ada makna tersendiri jika Anda  bisa berbagi dengan sesama yang mungkin kurang beruntung. Maka tidak ada salahnya setelah menerima THR, jangan lupa menyisihkan sebagian untuk sedekah dan membayar dana sosial.

Gunakan untuk Mudik

Berita Lainnya  Lima Faktor Penyebab Kulit Mengalami Dehidrasi

Bagi Anda yang berencana mudik, pastikan Anda mempunyai anggaran yang cukup untuk akomodasi selama perjalanan. Dana tersebut sudah mencakup biaya makan, bensin, tiket, dan sebagainya. Selain itu, hindari pengeluaran tak penting saat mudik seperti bertamasya atau membeli banyak oleh-oleh untuk kolega di kota.

Memberi untuk Orangtua dan Keluarga

Kalau semua kewajiban sudah diselesaikan, sisa uang THR tersebut bisa dibagi-bagikan pada orangtua dan keluarga. Anda  bisa memberi uang pada anak-anak kecil senilai 10ribuan. Namun, Anda  harus membatasi uang tersebut misalnya satu juta rupiah jika sudah habis tidak boleh memberi lagi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler