fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Gula Aren

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Gula aren adalah salah satu bumbu masak yang banyak digunakan karena memiliki rasa yang khas. Tidak hanya itu saja, ternyata manfaat dari gula aren cukup banyak. Gula aren banyak sekali digunakan dan menjadi substitusi dari gula putih atau gula tebu karena gula aren lebih aman bagi tubuh Anda. Selain itu juga, pengguna diabetes juga bisa mengonsumsi gula aren tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya layaknya gula putih. Dikutip dari Health News, ada banyak sekali manfaat gula aren yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk melihat manfaat gula aren. Ini dia tujuh manfaat gula aren yang perlu Anda ketahui.

Mengatasi Anemia

Manfaat gula aren dapat mencegah anemia. Gula aren memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang dapat bermanfaat bagi penderita anemia. Selain itu, gula aren juga mengandung vitamin B1, B2, B6, dan B12. Gula aren dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Serta dapat meregenerasi peredaran aliran darah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi gula aren secara teratur dapat mencegah anemia dan membantu menyembuhkan sindrom polikistik ovarium (PCOs) pada wanita.

Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam gula aren juga bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi gula aren dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab bagi penuaan kulit. Kandungan antioksidan polifenol dalam gula aren menyebabkan manfaat gula aren dalam membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit utama lainnya.

Sumber Energi Tambahan

Seperti halnya gula pasir, gula aren juga merupakan sumber karbohidrat yang artinya dapat menjadi sumber energi. Manfaat gula aren jika dikonsumsi dapat memberi tubuh Anda energi yang dibutuhkan untuk bergerak dan beraktivitas.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat gula aren selanjutnya dapat meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh. Rasa manis gula aren mampu membuat suhu tubuh meningkat menjadi hangat. Selain itu, secara implisit gula aren juga dipercaya dapat membantu memperlancar peredaran darah, mengurangi nyeri, dan memperkuat limpa.

Melancarkan Pencernaan

Gula aren mengandung serat makanan yang disebut inulin yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat inulin dapat membantu mengendalikan bakteri di usus, meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral tubuh Anda. Gula aren dapat dikonsumsi sebagai pemanis pada teh herbal yang disajikan untuk melancarkan pencernaan.

Menjaga Kesehatan Tulang

Gula aren mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu mangan. Mineral ini membantu kesehatan tulang dan dapat mengurangi resiko osteoporosis. Gula aren juga berpotensi mengurangi beberapa faktor resiko diabetes seperti resistensi insulin.

Membantu Pertumbuhan Sel

Gula aren mengandung 16 asam amino. Asam amino adalah bahan esensial untuk pembentukan protein dan dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Sel yang tumbuh kembali akan membuat tubuh menjadi terlihat lebih segar dan tampak awet muda.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler