fbpx
Connect with us

Politik

Logistik Mulai Dikirim, KPU Gunungkidul Masih Kekurangan Surat Suara

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul melaporkan adanya kekurangan surat suara kepada KPU pusat. Namun hingga H-6 terlaksananya pemilu, logistik tersebut belum juga dikirimkan ke KPU daerah.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, pihaknya saat ini masih kekurangan 5623 surat suara yang sebelumnya telah dilaporkan rusak. Pihaknya berharap, logistik tersebut segera sampai ke daerah mengingat waktu pemilihan semakin dekat.

“Ada beberapa jenis form juga belum dikirim ada satu form yang msih kurang pada halamannya dan sudah kami informasikan kepada KPU DIY, informasi yang kami terima tanggal 12 sudah terkirim,” ucapnya ketika ditemui awak media di kantor KPU Gunungkidul, Kamis (11/04/2019).

Hani menjelaskan, nantinya jika logistik telah diterima tidak akan langsung dikirimkan ke TPS. Namun pihaknya masih akan melakukan sortir ulang untuk memastikan logistik dalam keadaan tidak rusak.

“Mayoritas yang mengalami kerusakan adalah surat suara DPR RI dan DPR provinsi karena pencetakan yang kurang sempurna. Kita harapkan secepatnya dapat segera dikirim, untuk target pendistribusian selesai pada tanggal 15 April 2019,” jelasnya.

Ia menambahkan, hari ini droping logistik mulai dilakukan. Sementara, truk penganggkut diprioritaskan untuk mengirimkan logistik ke wilayah dengan kondisi geografis ekstrem.

Berita Lainnya  Politisi Gaek Gunungkidul Banyak Lari ke Tingkat Provinsi, Bakal Caleg Daerah Diisi Wajah Baru

“Daerah perbatasan seperti dapil V, IV, II, III dan terakhir nanti dapil I. Daerah yang sulit adalah Purwosari, Panggang, Tanjungsari, Gedangsari termasuk sulit medannya lalu Dapil III di Girisubo Rongkop Ponjong. Kita utamakan daerah pinggiran yang perbatasan dengan daerah lain,” ujarnya.

Sementara itu Anggota KPU DIY, Zaenuri Ikhsan mengatakan, terkait pengganti logistik yang rusak diperkiraka bakal sampai di daerah dalam waktu dekat ini. Ia mengatakan, sejumlah wilayah lain juga ditemukan kerusakan.

“Yang terbanyak rusak surat suaranya adalah DPR Provinsi dan menyeluruh di Kabupaten dan Kota, Surat suara pengganti mungkin sehari dua hari ini sudah dikirim,” katanya.

Terpisah Bupati Gunungkidul, Badingah mengucapkan kondisi geografis Kabupaten Gunungkidul berbeda dengan Kota Yogyakarta, medannya cukup berat. Ia berharap logistik pemilu dapat didistribusikan tepat waktu.

Berita Lainnya  Momen Pasca Kampanye, Sambangi Nenek Jompo Untuk Berbagi Berkah

“Saya meminta untuk berhati-hati terutama pihak pengamanan dan saya sudah meminta kepada TNI dan Polri yang ikut mengawasi mudah-mudahan selamat dan ini adalah tahapan pemilu yang sudah kita laksanakan harapan kita dapat berjalan lancar damai dan sejahtera serta sukses di Kabupaten Gunungkidul,” ujarnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler