fbpx
Connect with us

Pariwisata

Long Weekend, Dispar Targetkan 54 Ribu Wisatawan Kunjungi Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menargetkan pendapatan asli daerah (PAD) pada momentum libur panjang pada akhir pekan kali ini mencapai Rp 407.730.700. Koordinasi dengan lintas sektoral telah dilakukan oleh pemerintah baik untuk pengamanan di kawasan wisata dan lainnya.

“Target kunjungan pada libur nasional yang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak yaitu 54.437 pengunjung dengan jumlah PAD Rp 407.730.700,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak yakni TNI, Polri, SAR, Dinas Perhubungan dan Satpol PP. Hal ini penting dilakukan untuk pengamanan jalur dan di kawasan obyek wisata sehingga para pengunjung tetap merasa aman dan nyaman saat berwisata. Selain itu, jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan dapat segera ditangani.

Berita Lainnya  Vaksinasi Covid19 Bentuk Imunitas Kelompok, Kehidupan Diharapkan Bisa Kembali Normal

Ia menjelaskan selama ini kunjungan didominasi di destinasi pantai. Sedangkan untuk obyek wisata minat khusus dan lainnya jumlahnya tidak sebanyak kawasan pantai.

“Ada 75 personil dari lintas sektoral yang disiagakan untuk memberi pelayanan dan pengamanan pada libur panjang kali ini,” jelasnya.

Guna memberi peningkatan pelayanan dan kenyamanan pengunjung, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menghimbau kepada seluruh stakeholder pariwisata untuk memperhatikan beberapa hal, diantaranya memastikan tetap menerapkan SOP protokol kesehatan pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) di destinasi maupun usaha jasa pariwisata secara konsiten. Kemudian memastikan destinasi wisata dan usaha jasa pariwisata akan kebersihan, kesehatan, keindahaan, dan keamanan wisatawan.

Yang lebih penting adalah para pelaku usaha memasang tarif harga secara transparan dan tidak menaikkan harga secara drastis. Memastikan semua petugas dalam keadaan sehat dan mengantisipasi jumlah pegutas cukup.

Berita Lainnya  Pulihkan Kepercayaan Masyarakat, Pemkab Berencana Bangun Rumah Pemotongan Hewan Megah

Selain itu, menjaga kewaspadaan dan tidak lengah selama liburan sebagai antisipasi terjadinya kasus Covid-19 setelah libur panjang. Sebagaimana diketahui menjelang lebaran kemarin kasus covid19 kembali meningkat. Mendorong agar wisatawan melalukan transaksi secara non tunai guna dan selalu menjaga Sapta Pesona di destinasi wisata.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler