fbpx
Connect with us

Peristiwa

Longsor di Bukit Mundon, Batu Besar Runtuh Ancam Rumah Warga

Diterbitkan

pada tanggal

Ngawen,(pidjar.com)–Sebuah batu berukuran besar di perbukitan Padukuhan Mundon, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen longsor, Selasa (07/01/2020) malam tadi sekitar pukul 20.20 WIB. Akibatnya, satu keluarga terpaksa diungsikan lantaran kejadian ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Edy Basuki mengatakan, saat hujan deras yang terjadi di Kecamatan Ngawen kemarin, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari atas bukit Mundon. Tak berapa lama, sebuah batu besar yang berada di atas bukit tiba-tiba runtuh dan bergerak ke bawah.

“Batu berukuran besar tersebut menempel jatuh di lereng perbukitan,” beber Edy, Rabu (08/01/2020).

Menurut Edy, di bawah bukit tersebut ada satu rumah yang dihuni oleh keluarga dari Pangad (62). Pasca kejadian tersebut, keluarga tersebut yang terdiri dari tiga orang kemudian diungsikan. Hal ini lantaran dikhawatirkan, jika terjadi hujan dan longsor susulan, batu tersebut akan jatuh menimpa rumah.

Berita Lainnya  Sudah Ratusan Wisatawan Pantai Selatan Jadi Korban Sengatan Ubur-ubur

“Keluarga tersebut diungsikan ke rumah Harto, kerabat korban tinggal jauh dari lokasi,” imbuh Edy.

Pihaknya saat ini terus berkoordinasi bersama pemerintah desa terkait untuk penanganan longsornya batu ini. Hal tersebut lantaran masih ada potensi longsor susulan.

“Terlebih menurut warga, di atas juga ada batu besar yang sudah retak-retak, tentu ini mengancam,” jelas dia.

Menurutnya, jika batu di atas lereng tidak segera tak tertangani, tentu sangat mengancam warga Padukuhan Mundon. Tak hanya keluarga Pangad, sedikitnya masih ada empat KK yang terancam.

“Seperti batu itu, beberapa waktu silam sebenarnya juga sempat bergerak, tapi tidak sampai runtuh,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler