fbpx
Connect with us

Peristiwa

Longsor Akibatkan Tanah Pekarangan Merekah, 7 Rumah Warga Terdampak

Diterbitkan

pada tanggal

Tepus,(pidjar.com)–Sejumlah rumah milik warga Padukuhan Kenis dan Brongkol di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus terdampak longsoran tanah yang terbawa aliran air hujan pada Senin (06/01/2020) tadi malam. Meski tidak sampai ada rumah yang rusak, namun material tanah di pekarangan yang terbawa air tersebut sempat menutup akses jalan warga, mendesak rumah warga dan bahkan mengakibatkan tanah merekah layaknya terbelah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki menceritakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Tepus pada Senin malam kemarin mengakibatkan tanah di pekarangan milik Suyanto (60) warga Brongkol, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ambles. Amblesan tanah sendiri cukup lebar yakni sepanjang 16 meter dengan kedalaman 3 meter. Tak hanya itu, tanah tersebut juga merekah sehingga membelah pekarangan tersebut, lebarnya sendiri sekitar 3 meter.

Berita Lainnya  Sopir Mengantuk Hingga Salah Injak Pedal Gas, Mobil Calya Terperosok di Pekarangan

Lantaran tak kuat menahan gerusan air hujan, material tanah tersebut terbawa aliran air hingga ke Padukuhan Kenis yang berada tepat di bawah padukuhan tersebut. Material tanah longsor itu lantas menutup akses jalan warga. Bahkan beberapa rumah milik warga setempat juga terdampak.

“Untuk rumah hanya terdesak tanah saja. Belum sampai menimpa bangunan rumah,” kata Edy Basuki, Selasa (07/01/2020).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk rumah yang terdampak sendiri sebanyak 7 unit milik warga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja patut diwaspadai jika hujan dengan intensitas hujan tinggi kembali terjadi di wilayah tersebut, dimungkinkan akan terjadi longsor susulan.

“Petugas kami sudah lakukan pengecekan di lapangan. Akses jalan memang sempat tertutup. Belum lagi tanah yang merekah itu,” imbuh dia.

Sementara itu, salah seorang perangkat Desa Purwodadi, Suyanto membenarkan adanya peristiwa tersebut. Pagi hingga sore tadi, sejumlah warga melakukan kerjabakti untuk merekayasa agar rekahan tidak semakin melebar. Selain itu, warga juga mengevakuasi material longsor membuka akses jalan dan beberapa hal lainnya.

Berita Lainnya  Ombak Besar Menerjang, Wisawatan Wanita Tenggelam di Pantai Baron

“Tadi sudah kerja bakti, menggali tanah yang sebagian menimpa rumah warga,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler