fbpx
Connect with us

Sosial

Lonjakan Jumlah Orang Dalam Pantauan Corona di Gunungkidul, Kini Capai 50 Orang

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul mencatat ada lonjakan cukup signifikan berkaitan dengan penetapan warga Gunungkidul yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pantauan (ODP) Virus Corona atau Covid-19. Tercatat pada Sabtu (14/03/2020) lalu baru 3 orang yang ditetapkan sebagai ODP, dan kini setelah 4 hari berselang, jumlahnya meningkat menjadi 50 orang.

Penambahan juga terjadi pada warga yang ditetapkan dalam Pasien Dalam Pantauan (PDP) yang juga mengalami peningkatan meski belum signifikan.

Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, data tersebut diperbarui terakhir pada Rabu (18/03/2020) kemarin usai pihaknya melakukan penelusuran di masyarakat. Gerak cepat pemerintah itu dilakukan untuk mengantisipasi persebaran virus yang memang sangat mudah menular ini.

Berita Lainnya  Serangan Monyet Ekor Panjang ke Ladang Warga Terus Terjadi, Ini Upaya Antisipasi Dari BKSDA

“Masing-masing ODP ini diisolasi di rumah. Artinya mereka tidak boleh bepergian keluar rumah,” terang dia, Kamis (19/03/2020).

Lebih lanjut dipaparkannya, peningkatan sendiri tidak hanya OPD saja. Namun juga dalam hal Pasien Dalam Pantauan (PDP). Semula, warga yang masuk dalam PDP hanya 1 orang. Seiring berjalannya waktu, kini meningkat menjadi 2 orang.

“Yang PDP ini dirawat di RSUD Wonosari,” imbuh dia.

Dewi menambahkan, upaya yang ditempuh saat ini yakni melakukan edukasi kepada masyarakat, desinfeksi pada fasilitas pelayanan publik dan mempersiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit untuk perawatan.

“Kami juga membuat Surat Edaran tentang penanggulangan Covid-19, memantau ODP dan PDP serta juga menambah ilmu,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak RSUD Wonosari belum memberikan konfirmasi terkait dengan PDP yang dirawat.

Berita Lainnya  Gunakan Panel Surya Berharga Murah, Warga Padukuhan Ini Tak Lagi Kebingungan Saat Listrik Padam

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler