fbpx
Connect with us

Info Ringan

Madu : Si Manis Ajaib Dengan Sejuta Manfaat Untuk Kesehatan

Diterbitkan

pada

BDG

Nglipar,(pidjar.com)–Selain air dan karbohidrat, madu mengandung banyak sekali nutrisi. Beberapa yang bisa disebut antara lain, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, dan sodium. Karena kandungannya itu, madu digunakan baik untuk menyembuhkan penyakit atau gangguan kesehatan maupun untuk merawat kecantikan.

Dalam dunia kesehatan, sudah sejak dulu madu digunakan untuk meredakan beberapa penyakit seperti batuk, alergi, diare, dan asma. Tidak jarang juga madu digunakan untuk menyembuhkan luka. Sementara dari dunia kecantikan, madu sering digunakan untuk, misalnya, mengatasi jerawat dan menyembuhkan kulit yang gatal.

Menurut Sugeng Apriyanto, warga Ngrandu, Katongan, Nglipar yang telah puluhan tahun mengembang biakkan lebah lanceng, madu memiliki sejuta manfaat herbal yang sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satu yang paling gampang adalah khasiat madu untuk menyembuhkan penyakit batuk.

Berita Lainnya  Resep Martabak Bandung

“Sudah sejak dulu madu digunakan untuk mengobati batuk. Mengapa? Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa madu bisa memicu produksi air liur dan lendir. Semakin basah tenggorokan, semakin besar kemungkinan batuk untuk reda. Dengan demikian, minum madu sebelum tidur adalah salah satu cara untuk meredakan batuk, baik pada orang dewasa maupun anak-anak yang berusia dua tahun ke atas. Khasiatnya sama dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan,” jelas Sugeng.

Selain batuk, madu juga bisa menyembuhkan luka karena nutrisi dan bahan kimianya bisa mempercepat proses penyembuhan luka dengan cara mengurangi rasa sakit, mengurangi infeksi, dan mengurangi nanah dan bau tidak sedap. Jenis-jenis luka yang bisa disembuhkan dengan madu, antara lain, adalah luka bakar, lecet, luka pasca operasi, borok kaki kronis, hingga bisul.

Khasiat lainnya adalah untuk para penderita maag kronis, sebab madu dapat menyembuhkannya. Caranya adalah dengan menenangkan lapisan lambung dan menghancurkan bakteri yang ada di dalam lambung. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, para ahli kesehatan meyakini bahwa kandungan yang ada dalam madu dapat menyembuhkan berbagai luka borok, khususnya tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri berbentuk spiral yang disebut helicobacter pylori. Jika bakteri ini masih menempel pada sel-sel lambung, bakteri itu akan melemahkan mekanisme pertahanan lambung dan merangsang produksi asam lambung yang berlebihan, sehingga menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan di lambung.

Berita Lainnya  Mengenal Tujuh Gaya Belajar pada Anak

“Tidak hanya helicobacter pylori yang bisa diberantas dengan madu, tetapi juga banyak bakteri berbahaya lain seperti E. coli, salmonella, methicillin-resistant staphylococcus aureus, dan pseudomonas aeruginosa. Bakteri-bakteri ini dapat menyerang dan merusak sel-sel tubuh hingga menimbulkan kanker,” sambungnya.

Dalam mengatasi kanker, madu diketahui mengandung banyak antioksidan. Kandungan ini dapat mengurangi, mencegah, risiko terjadinya kanker. Bagi penderita kanker, madu bisa menghambat pertumbuhan sel-sel kanker berkembang biak dalam tubuh hingga akhirnya bisa disembuhkan. Serangan jantung pun dapat dihambat dengan madu, bahkan bagi penderita penyakit stroke, madu dapat mempercepat proses penyembuhan lantaran melancarkan peredaran darah.

Dan yang tak kalah penting madu bisa meningkatkan stamina sehingga terjaga vitalitas dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

“Dulu, leluhur kita selalu minum segelas madu setiap pagi. Mengapa? Karena mereka yakin bahwa madu dapat meningkatkan stamina. Keyakinan mereka itu kemudian diperkuat oleh sejumlah penelitian. Para peneliti yakin bahwa mengonsumsi madu setiap hari akan meningkatkan proses metabolisme tubuh. Jika proses metabolisme meningkat, stamina juga meningkat,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler