fbpx
Connect with us

Info Ringan

Manfaat Baik Bangun Pagi bagi Tubuh

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(Pidjar.com)–Dengan padatnya aktivitas yang ada, masyarakat tentu mungkin merasa malas untuk bangun pagi karena ingin tidur lebih lama. Padahal, bangun pagi banyak sekali manfaatnya. Selain membuat Anda jadi tidak terburu-buru karena harus antri mandi hingga macet, bangun pagi juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Bangun pagi memberi kesempatan tubuh untuk mengirup udara segar dengan tingkat polusi rendah. Kualitas oksigen yang baik ini akan memaksimalkan kerja otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Analisis para ilmuwan dari Universitas Toronto Kanada menyimpulkan, mereka yang bangun lebih pagi secara umum memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik. Orang yang bangun pagi juga merasa lebih bahagia hidupnya dibandingkan yang bangun siang, karena mereka lebih mudah beradaptasi dengan jadwal aktivitas sehari-hari. Berikut alasan mengapa bangun pagi membuat tubuh lebih sehat.

Tubuh Menjadi Lebih Ideal

Bangun pagi memengaruhi indeks massa tubuh mungkin terkait dengan kesempatan sarapan. Mereka yang bangun pagi cenderung memiliki waktu cukup untuk sarapan sehingga asupan makan lebih terkontrol. Jika Anda melewatkan sarapan, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Kondisi ini justru akan membuat seseorang makan berlebihan pada siang dan malam hari.

Berita Lainnya  Tujuh Bahaya Jika Anda Sering Curhat Di Medsos

Membuat Baik Mood

Orang yang bangun pagi cenderung lebih kecil mengalami perubahan suasana hati di pagi hari atau yang disebut ‘early morning blues’. Bangun pagi akan membuat Anda selalu berada dalam suasana hati yang baik. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan produktivitas kerja.

Mengasah Pikiran Dan Hati

Pagi hari merupakan waktu yang baik untuk pengembangan diri, misalnya, untuk membaca buku atau memulai suatu hobi seperti menulis. Suasana yang masih tenang akan menjadi anugerah yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan diri secara profesional, emosional, fisik, mental, dan spiritual.

Melakukan Meditasi

Meditasi menyebabkan keseimbangan emosional dan kesejahteraan diri. Jika Anda mengawali hari dengan bermeditasi, Anda akan membawa keseimbangan dalam hidup Anda sepanjang hari, dan memerbaiki kualitas hidup Anda. Pagi menjadi waktu yang lebih baik untuk meditasi karena pikiran Anda masih segar, rileks, dan otak masih tajam.

Berita Lainnya  Lahir Tanpa Bulu, 2 Anak Kambing Milik Wasdi Jadi Tontonan Warga

Memeroleh Kalsium Dan Vitamin D Untuk Tulang

Bangun pagi juga memberi kesempatan bagi tubuh untuk menerima paparan sinar matahari yang penting untuk tulang. Berjemur dibawah paparan sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 dianggap baik guna memenuhi kecukupan kalsium dan vitamin D dalam tubuh.

Tidur lebih berkualitas

Seperti diketahui dengan tidur yang cukup mampu mengurangi berbagai efek negatif pada tubuh, seperti penuaan dini atau kerutan pada wajah. Dengan bangun pagi, irama pada tubuh akan menjadi stabil. Kondisi ini secara tidak langsung akan memperbaiki kualitas tidur Anda setiap hari.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler