fbpx
Connect with us

Budaya

Masjid Al Huda Sodo, Saksi Sejarah Penyebaran Agam Islam oleh Ki Ageng Giring III

Published

on

Paliyan,(pidjar.com)–Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak tempat bersejarah, salah satunya adalah Masjid Al Huda yang berdiri di Padukuhan Sidorejo, Kalurahan Sodo, Kapanewon Paliyan. Tempat ibadah ini merupakan masjid yang dibangun oleh Ki Ageng Giring III, lokasinya pun juga berdekatan dengan kompleks pemakaman Ki Ageng Giring.

Takmir Masjid Al-Huda, Yusuf mengatakan, masjid Al-Huda ini merupakan tempat ibadah yang dibangun oleh Ki Ageng Giring III. Dimasa itu, Ki Ageng Giring diutus oleh Sunan Kalijaga untuk menyebarkan ajaran Islam di selatan Jawa sekaligus untuk menunggu wahyu Keraton. Kemudian dia mendapat perintah menanam sabut kelapa yang ternyata bisa tumbuh tunas kemudoan menjadi pohon.

Buah kelapa yang tumbuh dipercaya sebagai wahyu Mataram yang akhirnya diminum Ki Ageng Pemanahan. Ki Ageng Giring juga getol dalam menyebarkan agama islam pada masa itu. Semua kegiatan keagamaan dilakukan di tempat tersebut. Kemudian seiring berkembangnya zaman bangunan itu dilakukan pemugaran.

Pertama kali pemugaran dilakukan pada tahun 1935. Barulah bentuk bangunan dirubah total pada tahun 1960, saat itu mendapat bantuan dari Departemen Agama. Kemudian direnovasi lagi sekitar tahun 1982 saat mendapatkan bantuan dari Presiden Soeharto. Sekarang ini, bangunan masjid sudah berbentuk modern.

“Masjid ini berkapasitas sampai 350 jemaah jika melakukan kegiatan keagamaan,” kata Yusuf.

Berbagai kegiatan keagamaan sering dilakukan oleh masyarakat. Misalnya saja saat menjelang Ramadhan kemarim ada tradisi yang dilakukan oleh masyarakat yaotu apeman dan nyadran di kompleks makam serta beribadah di masjid Al Huda itu.

Tokoh-tokoh tertentu juga sering berkunjung ke masjid Al Huda serta makam Ki Ageng Giring. Mulai daeri Presiden Soeharto, Megawati, Perdana Menteri Suriname, dan beberapa kerabat keraton.

“Ini merupakan aset keraton sebab semua bangunan berada di tanah keraton,” terangnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler