fbpx
Connect with us

Politik

Masyarakat Melek Politik Untuk Pemerintahan Yang Lebih Baik

Diterbitkan

pada

BDG

Ngawen, (pidjar.com)–Pemilihan Umum serentak baik tingkat nasional maupun daerah memang masih akan berlangsung dua tahun lagi. Event ini menjadi sangat penting berkaitan dengan kualitas pemerintahan daerah ke depannya. Guna mensukseskan pesta demokrasi ini, perlu peran seluruh elemen masyarakat. Pesta Dekmokrasi lima tahunan itu juga menjadi tolok ukur kesadaran berpolitik warga untuk menentukan pemimpin yang akan membawa perubahan.

Ketua DPRD Kabupaten Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, menyampaikan jika pendidikan politik di akar rumput menjadi bagian penting sebagai sarana memperkaya informasi bagi masyarakat tentang kesadaran berpolitik. Menurutnya, masyarakat harus paham dan melek terhadap politik. Dengan melalui pendidikan politik, diharapkan akan mencetak generasi yang pandai dan cerdas.

Berita Lainnya  Jelang Penentuan Pilkades Baleharjo, Mantan Kades Klarifikasi Isu Korupsi Balai Desa Megah

Dirinya juga mendorong agar perempuan dapat lebih berpartisipasi dalam politik. Perempuan dapat mengambil peran melalui pendidikan politik karena memang bukan hanya diperuntukkan bagi laki-laki saja. Bahkan, kaum perempuan sendiri menjadi salah satu kekuaran politik yang sangat besar dari segi jumlah. Hal ini lantaran, di Gunungkidul sendiri, jumlah kaum perempuan relatif lebih banyak dibandingkan dengan kaum laki-laki.

“Pendidikan politik harus inklusif, tidak boleh terjadi dikotomi pendidikan politik berbasis gender. Kelompok perempuan sebagai tiang bangsa dan negara juga harus melek dan paham dunia politik,” ungkapnya.

Selain itu, ia berharap agar organisasi masyarakat (ormas) dapat berperan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak di tahun 2024 mendatang. Ia optimis dengan peran ormas dalam mendorong peran dan partisipatif masyarakat dalam pemilu, baik dua tahun lagi atau pada gelaran Pemilu-pemilu selanjutnya.

Berita Lainnya  Hiraukan Himbauan DPRD, KPU Tetap Lantik Ratusan PNS dan Perangkat Desa Jadi PPS

“Diharapkan peran ormas sangat membantu meningkatkan partisipasi politik menyongsong Pemilu serentak 2024. Sehingga ke depan bisa mencetak generasi yang pandai dan cerdas di dunia politik,” pungkasnya saat acara Pendidikan Politik Masyarakat Tahun 2022 bersama dengan Kesbangpol, Bawaslu, dan Umat Hindu Gunungkidul di Pendopo Pura Bhakti Widhi Bendo Beji, Ngawen, Gunungkidul.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler