fbpx
Connect with us

Peristiwa

Mbah Parjirah Tertipu, Uang BLT Ratusan Ribu Melayang

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Parjirah (90) warga Plembutan Barat (20/01), Kalurahan Plembutan, Kapanewon Playen menjadi korban penipuan, pada Rabu (04/11/2020) kemarin. Uang sebanyak Rp. 600.000 yang ia dapat dari bantuan pemerintah raib diambil oleh pria tak dikenal.

Kepada pidjar.com, Parjirah mengatakan, kejadian bermula pada Rabu kemarin sekitar pukul 10.00 WIB. Seorang pria bercelana pendek dengan baju warna hitam datang ke rumahnya.

Pria tak dikenal tersebut datang kemudian menanyakan bangunan di depan rumah yang beberapa waktu lalu digunakan untuk berjualan jamu akan disewakan atau tidak.

“Masnya itu tanya masih jualan jamu apa ndak, tak jawab adik sudah meninggal belum lama ini,” kata Parjirah, Kamis (05/11/2020).

Tanpa menaruh curiga, Parjirah kemudian mempersilahkan pria tidak dikenal tersebut untuk masuk rumah. Lelaki itu lantas meminta menukar uang Rp. 100 ribu menjadi Rp.50 ribu sebanyak dua lembar. Parjirah kemudian mengambilkan uangnya yang ditaruh di bawah kasur.

“Saya ndak curiga sama sekali, saya ambilkan uangnya ke dalam. Saya tanya apa njenengan itu timses calon lagi nyari masa, dia jawab iya bu, saya tidak curiga sama sekali,” urainya.

Parjirah kemudian diminta untuk cuci muka. Pelaku beralasan akan memotret Parjirah untuk permohonan bantuan.

“Saya diminta untuk cuci muka pakai sabun pake jilbab, pas saya ke kamar mandi balik lagi kok kasur yang saya pakai nyimpen uang sudah terbuka. Itu uang saya yang merupakan bantuan Dari pemerintah” kata Parjirah.

Ia lantas mencari uang bantuan yang baru saja ia ambil di kalurahan raib senilai Rp. 600.000. Sedangkan pria yang tidak ia kenal tersebut juga sudah tak ada di tempat.

“Tak cari kemana mana ternyata sepeda motornya sudah tidak ada,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi mengatakan pihaknya sudah melakukan olah kejadian perkara. Berdasarkan pengakuan dari korban, polisi telah mengantongi ciri-ciri pelaku.

“Memang tidak dilaporkan tapi kemarin kami ke TKP sudah mengantongi ciri-cirinya,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler