fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Melihat Deretan Pasar yang Akan Direvitalisasi 2020 Ini

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunungkidul  tahun ini akan kembali melakukan revitalisasi sejumlah pasar yang tersebar di berbagai kecamatan. Dana miliaran rupiah telah disiapkan oleh pemerintah kabupaten untuk revitalisasi ini. Pemkab pun mengajukan tambahan dana ke Kementerian.

Sekretaris Disperindag Kabupaten Gunungkidul, Virgilio Suriano mengatakan tahun ini pemkab akan melakukan revitalisasi dan perbaikan di pasar Legundi, Pasar Semanu (Munggi), Pasar Trowono, Pasar Ngranca, Pasar Tepus, Pasar Hewan Playen, Pasar Bambu Kepek, Pasar Ngalang, Pasar Bedoyo dan Taman Kuliner. Perbaikan ini sendiri telah digagas oleh dinas sejak beberapa waktu silam yang kemudian telah masuk dalam pembahasan dan kesepakatan.

Berita Lainnya  THR Untuk Tenaga Kerja di Tengah Pandemi Corona, Bagaimana Kebijakan Pemerintah

“Untuk pasar Legundi kami lanjutkan pembangunan dari tahap sebelumnya. Ada beberapa prasarana yang dianggap masih perlu ditambahkan, misalnya lahan parkir,” kata Virgilio Suriano, Kamis (13/02/2020).

Sementara Kepala Bidang Pasar Disperindag Kabupaten Gunungkidul, Ari Setiawan mengatakan Pasar Munggi yang terletak di Desa Semanu memang sejak tahun lalu direncanakan pembangunan. Anggaran yang ada baru menyebutkan pasar ini dapat di bangun pada tahun 2020.

Bedasarkan hitungan dari tim, untuk pembangunan pasar Munggi membutuhkan anggaran sebesar 12 miliar rupiah pada tahap pertama. Biaya sendiri sedang diajukan ke Kementerian Perdagangan agar dapat mengakses anggaran Tugas Pembantuan.

“Kami usulkan sebesar Rp 6,9 miliar tapi sampai sekarang belum ada kepastian. Masih terus dikoordinasikan apakah bisa mengakses anggaran Tugas Pembantuan atau tidak,” ujar Ari Setiawan.

Lebih lanjut, pengajuan anggaran ke pemerimtah pusat  itu hanya untuk pembangunan saja. Skema lain yang telah dipersiapkan pembangunan yakni menggunakan Dana Alokasi Khusus, agar pembangunan tetap terealisasi.

Berita Lainnya  Antisipasi Laka Maut Ngawen Terulang, Polisi dan Dinas Gencarkan Razia Truk Bermuatan Over

“Pembangunan di Munggi ini ada di sisi barat dan timur. Untuk yang kami utamakan di tahap awal yakni di sisi barat dengan berbagai pertimbangan,” tambahnya.

 

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler