fbpx
Connect with us

Pariwisata

Menguji Adrenalin di Spot Panjat Tebing Andalan Gunungkidul

Published

on

Tepus,(pidjar.com)–Berbicara mengenai obyek wisata pantai Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Masing-masing pantai memiliki daya tarik dan keunggulan tersendiri, seperti halnya pantai Siung yang terletak di Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus. Pantai ini menjadi surganya panjat tebing bagi wisatawan yang ingin mengasah kemampuannya dan menantang adrenalin.

Pantai yang berada di ujung selatan menjorok ke timur tersebut jaraknya sekitar 30 km dari pusat Kota Wonosari. Sejak tahun bertahun-tahun silam, pantai ini dikenal dengan pantai penyedia spot panjat tebing yang benar-benar menguji nyali para penghobi maupun para profesional.

Selama ini banyak sekali mahasiswa, komunitas ataupun wisatawan lokal dan asing yang mencoba memanjat tebing di pantai Siung. Sensasi memanjat dengan pemandangan lautan lepas serta suara deburan ombak tentunya menjadi pembeda yang sangat ia sukai. Selain itu silirnya angin laut membuat ketenangan tersendiri.

Ada spot-spot khusus untuk melakukan panjat tebing di kawasan ini. Bahkan sebenarnya spot di pantai siung telah diakui dan sempat ada event sebagai ajang promosi.

Selama ini banyak wisatawan khususnya komunitas, mahasiswa dan wisman yang berkunjung mencoba panjat tebing di Pantai Siung,” kata Jogboyo Kalurahan Purwodadi, Suyanto.

Hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi wilayahnya. Bahkan kawasan panjat tebing di Pantai Siung ini tidaklah sembarangan, bagaimana tidak tebing-tebing di kawasan ini memenuhi kriteria panjat tebing tingkat internasional.

Di sisi lain, berkunjung ke obyek wisata Pantai Siung selain spot panjat tebing pantainya pun juga cukup menawan. Pasir putih masih mendominasi, air pantainya sangatlah jernih sehingga beberapa biota laut nampak jelas dari permukaan. Ombak yang ada pun juga tidak dapat diprediksi sesekali landai namun juga sering tiba-tiba ombak besar datang. Bermain di obyek wisata ini dijamin tidak akan jenuh karena spot foto maupun spot bermain air yang banyak.

Salah seorang pengunjung, Arga mengatakan, berkunjung ke pantai Siung juga dapat mengunjungi beberapa obyek wisata lain. Pasalnya di sekeliling pantai ini terdapat pantai-pantai lain yang tak kalah menarik meski belum seterkenal pantai besar yang ada. Misalnya ke pantai Banyu Nibo atau ke Bukit Pengilon yang spot yang begitu menarik.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler