fbpx
Connect with us

Pariwisata

Unik, Pisang Sunaryo Berbuah di Batang Kering 

Published

on

Paliyan,(pidjar.com)–Pohon pisang pada umumnya baru bisa berbuah manakala kondisi pelapah masih segar dengan daun yang lebar dan menghijau. Namun berbeda dengan pohon pisang milik Sunaryo (80) warga Padukuhan Paliyan Tengah, Kalurahan Karangduwet, Kapanewon Paliyan.

Saat ditemui pidjar.com di kediamannya, Rabu (24/03/2021), Sunaryo mengaku pohon pisang yang berbuah tersebut batangnya membusuk kemudian ia tebang. Di pekarangannya memang ada empat baris pohon pisang. Setiap harinya ia rawat dengan baik.

“Satu bulan lalu saya dan istri sepakat untuk menebang pohon pisang, takutnya merembet ke pisang lainnya dan busuknya menular,” ujar laki-laki berrambut putih tersebut. 

Adapun pisang yang ia tanam sendiri berjenis pisang Kojo. Setiap harinya ia merawat pohon-pohon pisang miliknya dengan baik. Jika ada daun yang mulai mengering langsung ia potong.

“Nah di pisang unik ini, memang cukup tinggi. Saat ditebang istri menyisakan batang sekitar 50 centimeter, batangnya dibiarkan di samping pohon,” tutur Sunaryo. 

Dedaunannya pun ia buang agar kebunnya tampak rapi. Kala itu istrinya pergi ke rumah anaknya yang berada di Sewon Bantul selama tiga bulan.

“Pas ditinggal istri saya di rumah sendiri. Kok saya mimpi kebun yang saya tanami pisang itu terang benderang,” ujarnya. 

Penasaran dengan apa yang ada dalam mimpinya, Sunaryo kemudian datang ke pekarangannya. Ia kaget di pelapah yang dipotong istrinya dan sudah berwarna coklat muncul jantung pisang dengan ukuran cukup kecil.

“Tak kirain hanya mainan ditancepke, didekatin ternyata jantung pisang,” imbuh Sunaryo. 

Setelah beberapa pekan, jantung pisang tersebut tumbuh menjadi setandan pisang. Pisangnya pun tumbuh satu per satu seperti tandan pisang pada umunya.

“Ada beberapa yang kesini, pisangnya dipegang-pegang seperti tidak percaya, tapi ini tanda-tanda kebesaran Yang Maha Kuasa,” kata Sunaryo.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler