fbpx
Connect with us

Pariwisata

Mengunjungi Punthuk Kepuh, Wisata Perbukitan di Sisi Utara Gunungkidul

Published

on

Nglipar,(pidjar.com)–Berbicara tentang pariwisata di Gunungkidul memang tak ada habisnya. Bentang panorama alam kerap ditawarkan kepada wisatawan karena memiliki daya tarik tersendiri. Seperti halnya dengan obyek wisata Punthuk Kepuh yang terletak di Padukuhah Kepuhsari, Kalurahan Katongan, Kapanewon Nglipar.

Wisata ini digagas oleh masyarakat setempat sejak beberapa waktu silam. Saat itu, warga sekitar ingin mengembangkan potensi wilayahnya untuk bisa memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah dan perekonomian mereka. Kemudian muncullah ide untuk menggarap tanah perbukitan untuk menjadi obyek wisata.

Ya, bukit ini memiliki keunikan tersendiri. Sangat cocok untuk melihat sunset ataupun sunrise, di sisi lain juga dapat view bentang alam di Katongan yang sungguh indah nan eksotis.

Lurah Katongan, Jumawan mengatakan dirinya mengapresiasi dan mendukung langkah masyarakat untuk memajukan Kalurahannya dengan obyek wisata. Kesadaran masyarakat tumbuh dengan sendirinya untuk menggarap potensi wisata di sisi utara Gunungkidul ini.

“Semangat mereka luar biasa untuk mengembangkan wisata ini,” kata Jumawan, Minggu (07/03/2021).

Perlahan namun pasti, upaya warga ini ternyata membuahkan hasil. Obwis Punthuk Kepuh mulai banyak dikenal oleh warga lokal maupun dari daerah lain. Selain menikmati indahnya panorama di atas bukit dengan silirnya angin, di tempat ini juga bisa digunakan sebagai bumi perkemahan yang rekomendasi.

“Juga dikembangkan kebun buah, ada beberapa jenis pohon buah yang ditanam di tempat ini,” paparnya.

Terdapat sejumlah gazebo yang dipasang, kemudian di paling atas ada sebuah pendopo. Biasanya digunakan untuk sentra kegiatan, fasilitas sarana prasarananya juga sudah memadahi. Ada beberapa spot foto yang disediakan dengan view yang indah dan berbeda.

Selain swadaya, pengembangan obwis Punthuk Kepuh juga mendapatkan perhatian dari Pemda DIY. Dimana beberapa waktu lalu mendapatkan dana hibah senilai 250 juta untuk pengembangan infrastruktur dan lainnya.

“Pengelolaannya dari Pokdarwis dan BUMDes. Harapan kedepan obwis ini semakin maju dan masyarakat dapat merasakan dampak positif yaitu perekonomian yang maju,” tutup Jumawan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler