fbpx
Connect with us

Pariwisata

Goa Bentar, Menikmati Keindahan Perut Bumi dan Cahaya Surga Dengan Akses Termudah

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Terlepas dari wisata pantai yang selama ini menjadi tujuan wisatawan, Kecamatan Tanjungsari juga memiliki obyek wisata lain yang tak kalah menarik. Potensi yang ada saat ini tengah dikembangkan oleh masyarakat dan pemerintah baik desa maupun kecamatan agar lebih menarik dan optimal kembali. Salah satu obyek wisata yang tengah dikembangkan adalah Goa Bentar yang berada di Padukuhan Jrakah, Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari.

Ya, Goa Bentar sendiri memang obyek wisata yang tergolong baru. Masyarakat dan pemerintah setempat baru beberapa bulan terakhir ini mulai mengembangkan potensi yang ada. Didukung dengan semangat berkembang yang kuat, akhirnya warga setempat mulai berbenah dalam menggali potensi yang dimiliki.

Berkunjung ke obyek wisata Goa Bentar sendiri pengunjung dijamin akan mendapatkan sensasi tersendiri. Pasalnya goa ini cukup menarik dan menantang adrenalin para pengunjung. Untuk sampai di dalam goa yang menyuguhkan keindahan stalaktit dan beberapa ornamen alam. Sebelumnya, pengunjung harus menuruni goa vertikal sedalam puluhan meter untuk dapat menikmati panorama goa indah ini.

Tak perlu khawatir bagaimana cara menuruninya. Pengelola dan masyarakat telah menyediakan anak tangga yang terbuat dari kayu-kayu sebagai jalan. Barulah pengunjung sampai di mulut goa, masyarakat akan disambut dengan suasana yang sejuk dengan pemandangan yang sangat jarang didapatkan.

Berita Lainnya  Menelusuri Sejarah Manusia Tiga Zaman di Gua Rancang Kencana

“Ada pemandu yang siap mengantar wisatawan berkeliling menikmati indahnya Goa Bentar ini,” kata Indah, salah seorang wisatawan yang tengah berkunjung ke obyek wisata ini.

Beberapa menit menyusuri jalanan yang telah dibuat oleh warga, barulah wisatawan akan sampai ke dasar goa. Ada beragam stalaktit yang menggantung di dalam, beberapa diantaranya meneteskan air. Sampai di titik ini, pengunjung akan diberikan dua pilihan untuk menyusuri perut bumi.

Terdapat dua jalur yang menjadi pilihan, diantaranya jalur biasa dan jalur ekstrem yang dapat dilalui. Pemandu biasanya memberikan pilihan pada pengunjung, kemudian pengunjung akan diajak menyusuri jalur yang gelap, menaiki tangga dan dapat melihat serta menikmati ornamen-ornamen alami yang ada di dalam goa.

Selain keindahan ini, di Goa Bentar sendiri terdapat sebuah celah sehingga cahaya yang masuk layaknya cahaya surga. Hampir sama dengan indahnya goa Grubuk atau Jomblang yang ada di Kecamatan Pacarejo.

“Sensasinya memang cukup berbeda. Puas lah kalau berkunjung ke obyek wisata Gunungkidul, ada beragam pilihan pula,” imbuh dia.

Ketenangan di dalam goa sendiri dapat merefleksi pengunjung. Jika penat melakukan aktifitas di hari-hari biasa, berkunjung ke Goa Bentar bisa menjadi solusi yang tepat. Segala beban pikiran yang ada dapat terlupakan dengan menikmati panorama di obyek wisata ini.

Berita Lainnya  Pantai Gesing, Surga Bagi Para Pemburu Ikan dan Pecinta Pesona Alam

Camat Tanjungsari, Rakhmadian Wijayanto mengatakan sejak beberapa bulan terakhir pihaknya bersama sejumlah pemerintah desa di wilayah Kecamatan Tanjungsari melakukan pengalian potensi wisata di masing-masing desa. Sedikitnya terdapat 9 goa yang dapat dimanfaatkan menjadi obyek wisata, salah satunya yang paling indah adalah Goa Bentar.

Dari masing-masing goa yang ada sendiri disebutnya memiliki ciri khas yang berbeda. Mulai dari karakteristik goa yang memiliki stalaktit dan stalakmit. Bahkan beberapa diantara stalaktit dan stalakmit yang ada tersebut masih dalam keadaan aktif atau hidup.

“Sudah mulai dirintis oleh masyarakat. Nantinya juga akan dibuka untuk umum. Mudah-mudahan masyarskat juga terbantu dengan dibukanya obyek wisata ini,” terangnya.

Secara akses, Goa Bentar sangat mudah terjangkau. Hal ini lantaran goa ini termasuk goa horizontal semi luweng. Halaman di sekitar goa masih cukup memungkinkan jika nantinya digunakan sebagai wisata edukasi maupun piknik keluarga. Bahkan, ide-ide berupa pembentukan wahana out bond telah tercetus dari beberapa kalangan masyarakat.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler