fbpx
Connect with us

Pariwisata

Menikmati Indahnya Panorama Gunung Ireng

Diterbitkan

pada

BDG

Patuk,(pidjar.com)–Berada di daerah tinggi menjadikan Gunungkidul kaya akan potensi wisata yang mempesona. Salah satu yang belakangan ini menjadi primadona kalangan pelajar dan mahasiswa yakni obyek wisata Gunung Ireng yang terletak di Desa Padukuhan Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Patuk.

Destinasi wisata tersebut menyuguhkan keindahan alam yang mampu menghipnotosi para wisatawan yang singgah di Gunung Ireng. Terlebih mereka yang datang ke sini mayoritas berburu indahnya Sunrise. Sebab udara pagi di puncak Gunung Ireng masih segar dan asri.

Dari atas Gunung Ireng, pengunjung dapat menikamati indahnya kawasan setempat. Menengok hijaunya pepohonan yang tumbuh di sekitar padukuhan Srumbung. Silirnya angin semakin menambah akrab suasana. Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Gunung Ireng memang dini hari.

Berita Lainnya  Lima Destinasi Wisata Geologi Gunungkidul Diakui Pusat

“Habis subuh saya pernah berangkat dati rumah ke Gunung Ireng. Sampai sana masih agak gelap, kabut tebal menyelimuti sekelilingnya, matahari berangsur menampakkan diri dan pemandangannya luar biasa indahnya,” kata Fitri warga Kapanewon Semanu.

Udara segar, hingga pemandangan yang indah seolah mampu menyegarkan kembali pikiran yang semula penat.

Tak pelu khawatir, di atas bukit batu hitam ini agak luas sehingga aktifitas apapun dapat dilakukan. Jika lelah, ada sebuah gazebo atau bangunan dari kayu-kayu yang terletak di puncak Gunung Ireng, dapat digunakan untuk berteduh, bersantai atau lainnya. Bangunan ini memang layaknya ciri khas dari obyek wisata Gunung Ireng.

Untuk sampai ke destinasi layaknya negeri diatas awan itu wistawan tidak perlu khawatir dengan medan yang susah seperti objek wisata lainnya. Jalan menuju Gunung Ireng ini cukup mudah.

Berita Lainnya  Virus Corona Merebak, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurun Hingga 70%

Mengikuti jalur aspal dengan kondisi yang agak ekstrem itu nantinya akan sampai di Padukuhan Srumbung. Jika bingung di tengah jalan, tak perlu risau masyarakat setempat pasti dengan ramah akan memberikan arahan untuk sampai di obyek Gunung Ireng. Atau bisa juga memanfaatkan google maps maupun petunjuk arah yang ada di jalan.

“Kalau bingung bisa juga pakai google maps, mudah dicari kok lokasinya,” papar dia.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Supartono mengatakan, selain untuk berefresing di Gunung Ireng juga menjadi salah satu kawasan geologi yang penuh dengan edukasi. Banyak mahasiwa ataupun dosen-dosen ternama yang berkunjung ke Gunung Ireng untuk melakukan penelitian dan kegiatan lainnya.

Berita Lainnya  Geliat Investasi Pariwisata di Gunungkidul, Baru 4 Lokasi Kantongi Izin

“Kawasan ini telah ditetapkan pemerintah sebagai kawasan warisan geologi,” ucap Supartono.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler