fbpx
Connect with us

Pariwisata

Menikmati Keindahan Matahari Terbit dan Tenggelam di Pantai Krakal

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Memilih waktu untuk berkunjung ke lokasi wisata menjadi hal yang perlu diperhitungkan. Selain mengantisipasi kemacetan, dengan waktu yang pas wisatawan bisa memperoleh keindahan alam yang hanya dapat dinikmati beberapa menit saja. Seperti jika berkunjung ke Pantai Karakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Pesona sunrise dan sunset dapat dinikmati ketika datang pada pagi hari dan sore hari menjelang maghrib.

Pantai Krakal menang merupakan salah satu pantai legendaris di Gunungkidul. Hamparan pasir putih bersih serta tebing karang nan indah sudah biasa menjadi alasan para wisatawan berkunjung ke lokasi tersebut.

Namun lebih dari itu, jika berkunjung ke Pantai Krakal pada waktu yang tepat maka pengunjung akan mendapatkan keindahan yang luar biasa. Wisatawan hanya perlu berjalan ke arah bukit sebelah barat pantai.

Perjalanannya pun harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari lokasi pantai. Waktu berkunjung pun harus pas, yakni wisatawan harus sudah berada di puncak bukit sekitar pukul 05.00 WIB. Jika beruntung, munculnya sang surya dari ufuk timur dapat diabadikan dan menjadi foto yang anti mainstream.

Berita Lainnya  Deretan Artis Berkaliber Nasional Bakal Tampil Dalam Geopark Night Specta #4 di Nglanggeran

Bagaimana tidak, cahaya matahari yang baru muncul menunjukan kehangatan, kabut putih mulai terpecah dan hilang tertembus cahaya orange. Namun hal itu pun tidak berlangsung lama hanya beberapa menit saja.

Pun demikian ketika sore hari, pesona sunset di ufuk barat Pantai Krakal tidak kalah menarik. Ditambah tebing yang menjulang ke arah laut akan semakin indah ketika ombak menghantamnya.

“Kalau sore hari ya sekitar pukul 17.30 an dan hanya beberapa menit saja. Biasanya diambil menggunakan ponsel tahun 2015 an ke atas sudah bisa mendapatkan foto yang cantik,” kata salah seorang pengunjung, Rolic warga Gondomanan, Yogyakarta, Minggu (08/09/2019).

Ia menambahkan, berburu foto sunset dan sunrise membutuhkan perjuangan tersendiri. Pasalnya, persiapan terkait dengan waktu menjadi hal yang cukup penting berbeda dengan wisatawan yang hanya mencari keindahan alam berupa pantainya saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti megatakan, kawasan Pantai Krakal saat ini terus dibangun. Saat ini pemerintah tengah fokus dalam pengerjaan terminal Pantai Krakal.

Berita Lainnya  Indah dan Terpencil, Pantai Sedahan Jadi Langganan untuk Wisata Camping

Fungsi terminal Krakal nantinya akan menjadi transit bus-bus pariwisata yang mengarah ke bagian timur Gunungkidul. Sehingga tidak ada lagi kemacetan di kawasan pantai yang disebabkan padatnya arus lalu lintas.

“Untuk pantai yang di sebelah selatan atau barat bisa transit di terminal Baron. Kemudian yang di bagian utara semua bus berhenti di Karakal,” ujar Asti.

Asti menjelaskan, selama ini mayoritas jalan di kawasan pantai masih sangat sempit. Sehingga kemacetan lalu lintas kerap terjadi pada saat musim libur tiba.

Dengan adanya terminal Krakal tersebut, nantinya semua bus menurunkan penumpangnya di pantai Krakal. Kemudian, para pengunjung bisa menggunakan shuttle atau kendaraan yang lebih kecil untuk menuju lokasi wisata yang diinginkan.

“Jalan antar pantai itu kecil, semua bus hanya di beberapa titik yaitu di Krakal dan Baron. Kemudian wisatawan mengunakan kendaraan lebih kecil. Jadi jalan tidak penuh dengan bus,” terang dia.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler