fbpx
Connect with us

Sosial

Miliki Aset 12 Miliar, Bumkalma Mitra Lestari Terus Upayakan Kesejahteraan Warga

Diterbitkan

pada

BDG

Panggang,(pidjar.com)– Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (Bumkalma) Mitra Lestari Panggang telah memiliki aset sebesar Rp 12 miliar. Komitmen untuk mensejahterakan warga sekitar dan anggota pun terus diupayakan dengan merealisasikan sejumlah program pendampingan dan pemberdayaan.

Direktur Bumkalma Mitra Lestari Panggang Imam Bukhori mengatakan, saat ini jumlah kelompok Bumkalma Mitra Lestari saat ini sudah ada 214 kelompok dengan jumlah pemanfaat tercatat 1.391 warga. Aset yang dimiliki tercatat mencapai 12 miliar rupiah, upaya untuk menambah anggota pun juga terus dilakukan oleh pengurus Bumkalma.

“Komitmen untuk mensejahterakan masyarakat Panggang kami pegang dan terus diupayakan melalui banyak kegiatan dan program yang kami gagas. Bersyukur saat ini ada seribu lebih anggota kami,”ucap Imam.

Berita Lainnya  Keheningan Merapi, Lukisan Sidik Dilelang untuk Bantu Korban Erupsi

Kamis (01/06/2023) bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Bumkalma Mitra Lestari Panggang mengadakan kegiatan jalan sehat, senam masal, dan panggung hiburan yang diikuti oleh para anggota kelompok dan lain sebagainya. Kegiatan semacam ini rutin digelar sebagai salah satu program untuk memberikan hiburan bagi masyarakat.

“Pagi ini kita mengadakan Gebyar BUMKALMA yang ke-4 yang merupakan agenda 2 Tahunan dengan kegiatan saat ini adalah Jalan Sehat, pembiayaan kita hari ini menelan biaya sebesar 64juta diambilkan dari Anggaran Biaya Surplus tahun 2022. Selain hiburan semacam ini kami adakan bakti sosial,” ujar dia.

Bumkalma menyalurkan dana sosial sebesar Rp. 154.840.000 yang kemudian doserahkan ke 6 kalurahan di Kapanewon Panggang dalam rangka mendukung pengentasan kemiskinan dengan program pemberdayaan masyarakat.

Berita Lainnya  Tergolong Sepi, Tak Ada Lonjakan Penumpang Jelang Larangan Mudik

Istilah Bumkalma mungkin mamang sedikit asing, Imam menjelaskan, setelah periode tahun 2022 lalu, UPK PPM PANGGANG telah berproses atau bertransformasi menjadi lembaga dengan badan hukum bersama Bumdes atau Bumkal. Sosialisasi kepada warga masyarakat se-kapanewon Panggang juga telah dilakukan terkait dengan adanya perubahan tersebut.

Sementara itu, Lurah Girisekar, Sutarpan mengatakan, keberadaan Bumkalma tentu sangat membantu masyarakat dalam hal peningkatan kesejahteraan. Ia berharap kedepan akan semakin maju, baik dari segi pelayanan, program yang digagas, aset semakin bertambah dan kesejahteraan masyarakat terus meningkat.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga Bumkalma Mitra Lestari Panggang lkd semakin sukses, semakin bermanfaat bagi masyarakat di kapanewon Panggang” ujar Sutarpan.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler