fbpx
Connect with us

Pendidikan

Minim Fasilitas, Banyak Sekolah Swasta Numpang UNBK

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul menyebut ada belasan SMP/MTs yang menumpang di sekolah lain dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal tersebut dikarenakan masih adanya sekolah yang belum memiliki server serta kekurangan komputer.

Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rosyid mengatakan, jumlah sekolah yang menyelenggarakan UNBK tingkat SMP/MTs di Gunungkidul berjumlah 140 sekolah. Namun tak semua dari sekolah bisa menyelenggarakan ujian lantaran kekurangan komputer dan belum memiliki server.

“Masih ada 17 sekolaha (SMP dan MTs) di Gunungkidul yang menumpang,” ujar Bahron, Senin (22/04/2019).

Ia menjelaskan, dari belasan sekolah yang menumpang tersebut merupakan sekolah swasta. Kendati demikian, menurut Bahron setiap tahunnya, sekolah yang menumpang mengalami penurunan.

“Untuk jumlahnya tahun ini jauh lebih sedikit dibanding tahun lalu, kalau kemarin (tahun lalu) ada sekitar 60 sekolah yang menumpang (untuk UNBK SMP MTs),” ucap Bahron.

Dijelaskan Bahron, penurunan ini terjadj karena pihaknya telah memberikan bantuan komputet kepada sejumlah sekolah yang sebelumnya mengalami kekurangan komputer. Selain komputer, tahun sebelumnya pihaknya juga memberikan fasilitas lain penunjang UNBK.

“Tahun kemarin kami sudah memberikan komputer dengan jumlah 10 persen dari peserta (UNBK), tapi untuk server tidak,” katanya.

Ia menambahkan, untuk peserta UNBK tingkat SMP/MTs di Kabupaten Gunungkidul tahun ini diikuti 9.782 siswa. Selain itu, Disdikpora juga telah melakukan persiapan agar UNBK berjalan dengan lancar, antara lain mengimbau kepada seluruh sekolah untuk menyediakan genset apabila terkendala masalah listrik.

“Kalau dari persiapan, semua sudah siap ya, seperti semua soal sudah selesai disinkronisasi, komputer dan jaringan internet juga sudah oke,” pungkasnya

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler