fbpx
Connect with us

Sosial

Minim Kasus ODP Hingga PDP, Dua Kecamatan Ini Masih Relatif Aman Dari Penyebaran Covid19

Published

on

Rongkop,(pidjar.com)–Belasan klaster tercatat dalam penyebaran kasus Covid19 di Gunungkidul. Bahkan hampir di setiap kecamatan selalu ada warga yang di telusur karena melakukan kontak dengan pasien positif sehingga harus dilakukan rapid tes maupun swab test. Namun begitu, hingga saat ini, masih ada satu wilayah di Gunungkidul yang relatif aman dari penyebaran covid19. Kecamatan Rongkop menjadi kawasan hijau tanpa ada satupun warga yang masuk dalam catatan Dinas Kesehatan Gunungkidul berkaitan dengan Covid-19. Selain Rongkop, Kecamatan Gedangsari juga termasuk menjadi kecamatan lain yang masih relatif aman dari penyebaran covid19 berdasarkan dari data dari Pemkab Gunungkidul.

Camat Rongkop, Agung Danarto mengatakan, sampai dengan saat ini, memang wilayah Rongkop dapat dikatakan aman dari penyebaran corona. Hal ini menurutnya terjadi karena kedisiplinan warga dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19.

“Sampai dengan saat ini memang tidak ada kasus di wilayah Rongkop,” kata Agung, Minggu (31/05/2020).

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu memang ada pemudik yang datang dari luar wilayah. Namun begitu, mereka langsung diminta dan kemudian dengan sadar melakukan isolasi mandiri dengan disiplin yang dipantau oleh elemen masyarakat dan relawan penangulangan covid-19 setempat.

Berita Lainnya  Virus Corona Merebak, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurun Hingga 70%

“Sempat ada pemudik datang, tetapi langsung isolasi setelah 14 hari tidak ada keluhan dan juga dipantau oleh petugas medis. Kita selalu laporkan setiap ada kejadian sehingga penanganan dapat dilakukan dengan cepat,” ucap dia.

Lebih lanjut dikatakannya, dirinya juga salut dan memberikan apresiasi terhadap warga Kecamatan Rongkop yang dinilai disiplin menerapkan protokol covid. Meski diakuinya, salah satu bentuk kedisiplinannya ada kaitannya dengan penutupan sejumlah ruas jalan.

“Yang jalan kampung itu ada yang ditutup, bukan jalan kabupaten ya. Saya apresiasi warga yang disiplin,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, pihaknya mencatat, dari ribuan ODP maupun PDP, hanya ada belasan yang berasal dari Kecamatan Rongkop. Sampai saat ini, ada 15 ODP yang selesai pemantauan di wilayah Rongkop. Kemudian dari hal itu, tidak bertambah menjadi PDP maupun kasus positif.

Berita Lainnya  Tangani 5 Coblosan Dalam Pemilu 2019 Ini, Anggota KPPS dan Pengamanan Harus Bekerja Hingga Subuh

“Ada ODP meninggal 1 di Kecamatan Rongkop, itu pun meninggal bukan karena Covid. Selebihnya tidak ada kasus disana,” urai Dewi.

Sementara itu, wilayah lain yang juga minim kasus ialah Kecamatan Gedangsari. Sampai dengan saat ini tercatat 78 ODP namun tidak ada satupun yang kemudian naik status menjadi PDP. Namun begitu, bedanya dengan wilayah Rongkop, di Gedangsari ada satu orang yang di swab, meski dengan hasil negatif.

Sebagaimana diketahui, sampai dengan saat ini tercatat ada 39 kasus positif di Gunungkidul. 29 diantaranya telah dinyatakan sembuh dan 9 orang lainnya masih dalam perawatan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler