fbpx
Connect with us

Politik

Mulai Besok KPU Bakal Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2019

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul meloloskan 15 partai politik calon peserta pemilihan umum (pemilu) 2019 ke tahap verifikasi. Adapun jadwal untuk verifikasi kepengurusan dan keanggotaan partai politik akan dilakukan mulai Selasa (30/12) besok.

Ketua KPU Gunungkidul M Zaenuri Ikhsan mengatakan, sebenarnya ada 16 parpol yang lolos, namun untuk verifikasi besok hanya dilakukan kepada 15 partai saja, baik partai lama maupun baru. Hal ini dikarenakan salah satu parpol yakni Perindo, telah lolos verifikasi lebih dulu.

"Jadwal verifikasi kali ini dilakukan selama dua hari, terhitung besok tanggal 20 Desember sampai 2 Januari. Dari 16 parpol yang mencalonkan diri sebagai peserta pemilu 2019, ada 15 yang diverifikasi," jelasnya, Selasa (30/12/2018).

Berita Lainnya  KPU Resmi Umumkan Perubahan Dapil Untuk Pemilu 2019, Dapil I Tinggal 2 Kecamatan

Diakui, rentang waktu tersebut memang dinilai cukup singkat. Namun, keputusan itu sudah menjadi norma dan harus dilaksanakan segera. Oleh sebab itu, Zaenuri sangat mengharapkan partisipasi aktif parpol dalam mensukseskan verifikasi kali ini.

"Kami juga sudah menyiapkan tim verifikasi yang terdiri dari komisioner KPU dan anggota kesekretariatan," lanjutnya.

Ia menuturkan, pada penelitian administrasi ada sejumlah aspek yang diteliti. Diantaranya kepengurusan termasuk keterwakilan perempuan, kantor partai politik, rekening partai politik, dan keanggotaan. KPU meneliti dokumen-dokumen persyaratan tersebut dari kepengurusan tingkat pusat sampai kecamatan.

Jika salah satu dari aspek tersebut tidak terpenuhi, maka berdasarkan peraturan KPU, kepengurusan parpol dapat dinyatakan belum memenuhi syarat sebagai calon peserta Pemilu 2019. Yang jelas, lanjutnya, KPU wajib melakukan verifikasi lapangan terhadap seluruh partai politik calon peserta pemilu 2019.

Berita Lainnya  Immawan Pamer Kemajuan Pesat Sektor Pariwisata, Kenaikan PAD Capai 800%

"Tidak hanya partai politik baru, verifikasi juga mesti dilakukan terhadap partai lama," ujar dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler