fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mulai Cair, BSU Kemendikbud Sasar Tenaga Honorer di Sekolah

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi tenaga kependidikan dan dosen non PNS dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai cair. Mereka yang tersasar bantuan ini dipastikan akan menerima uang sebesar Rp. 1,8 juta. Bantuan sendiri akan diberikan satu kali dimulai pada akhir November ini.

Kepala Sub Bagian Administrasi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Sumatna mengatakan, bantuan sendiri dapat diamses melalui laman info.gtk.kemendikbud.go.id. Secara nasional, Sumatna menyebut ada dua juta tenaga kependidikan yang diharpakan tersasar program ini.

“Yang menerima tenaga kependidikan artinya ya guru, dosen, pustakawan, staf TU,” tutur Sumatna, Senin (30/11/2020).

Ia menjelaskan ada beberapa syarat bagi penerima BSU. Antara lain bukan PNS, memiliki penghasilan di bawah Rp. 5juta, tidak sedang menerima bantuan dari kementrian lain, bukan penerima manfaat dari pra kerja. Sama seperti bantuan lain, bantuan ini ditransfer langsung ke rekening dari bank yang ditunjuk Kemendikbud untuk penyaluran.

“Untuk mekanisme dan pencairan pusat langsung yang mengurus kuota umtuk Gunungkidul berapa kaki juga kami kurang tau,” imbuh dia.

Ia menambahkan, dokumen yang disiapkan antara lain yakni KTP, NPWP jika ada, SK penerima BSU yang dapat diunduh di website GTK dan PDDikti, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang dapat diunduh di grup dengan tandatangan bermaterai.

“Ya harapannya semua guru honorer dapat tercover, mereka juga sebagai ujung tombak pendidikan selama pandemi,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua Forum Honorer Sekolah Negeri Kabupaten Gunungkidul, Aris Wijayanto mengatakan, saat ini ada 1.600 honorer sekolah negeri di Gunungkidul. Mereka terdiri dari guru, staf TU dan juga pustakawan.

“Harapan kami BSU ini segera menyasar seluruh honorer di Gunungkidul utamanya saat ini sudah sebagian terealisasi,” pungkas Aris.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler