fbpx
Connect with us

Politik

Panasnya Pemilihan Lurah Getas, Sudah 9 Tokoh Masyarakat Ambil Berkas Pendaftaran

Diterbitkan

pada

Playen, (pidjar.com)–Memasuki hari ke-8 pendaftaran bakal calon lurah dalam Pemilihan Lurah (Pilur) serentak di 58 Kalurahan di Gunungkidul, suasana demokrasi mulai menggeliat. Antusiasme masyarakat untuk tahapan pemilihan lurah yang cukup penting ini sendiri sangat besar. Dengan adanya proses pendaftaran ini, bukan tidak mungkin nantinya iklim politik juga akan semakin memanas.

Sekarang ini, salah satu Pilur yang paling seru diperkirakan akan terjadi di Kalurahan Getas, Kapanewon Playen. Hingga 3 hari sebelum penutupan, sudah ada 9 bakal calon lurah yang telah mengambil berkas persyaratan. Dengan demikian, dipastikan nantinya akan ada seleksi lanjutan oleh panitia Pilur Getas. Hal ini lantaran sesuai aturan, hanya ada 5 calon yang berhak untuk terjun dalam tahapan lanjutan Pilur.

Berita Lainnya  Gantikan Anggota Fraksi Yang Tersandung Kasus KDRT, Gerindra Resmi Tunjuk Lagiyo

Ketua Panitia Pilur Getas, Eka Wahyu Nugraha, menyebut bahwa antusiasme masyarakat dalam menyambut Pilur sangat tinggi. Terbukti, baru seminggu dibuka, saat ini sudah ada 9 peserta yang telah mengambil persyaratan administrasi. Jumlah ini menurutnya berpotensi bertambah lantaran ada kalangan masyarakat yang tertarik untuk ikut pemilihan lurah. Namun begitu, ia menambahkan bahwa memang belum semua mendaftarkan secara resmi.

“Sementara yang mengambil formulir pendaftaran ke panitia sudah 9 orang peserta. Kalau sampai hari ini, secara resmi belum ada yang mengumpulkan berkas atau syarat pendaftaran. Kami masih menunggu perkembangannya,” jelas Eka, Senin (06/09/2021).

Tingginya antusiasme tokoh-tokoh masyarakat Getas untuk mengikuti tahapan Pilur ini disebutnya menjadi perhatian serius. Bukan tidak mungkin dengan banyaknya calon yang ada ini, akan membuat suasana tahap awal Pilur ini memanas.

Berita Lainnya  Tinggal Tunggu Penetapan, 4 Nama Ini Dipastikan Jadi Pimpinan DPRD Gunungkidul

Namun di sisi lain, ia juga cukup senang dengan banyaknya calon peserta. Hal ini tentunya menandakan jika banyak orang di wilayahnya yang ingin memperbaiki dan membangun Kalurahan Getas.

“Tingginya antusias masyarakat dalam Pilur pastinya karena ingin memperbaiki dan memajukan Kalurahan Getas ya. Kalau saat ini masih menunggu proses pendaftaran selesai, tahapan selanjutnya penelitian berkas bakal calon, penetapan bakal calon, dan pengumuman calon,” sambungnya.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul nomor 7 tahun 2020 tentang Lurah, jika nantinya terdapat lebih dari lima bakal calon lurah yang mendaftar maka panitia harus melaksanakan ujian untuk menyeleksi menjadi lima bakal calon. Menurut Pasal 28 ayat (2), beberapa poin yang akan dinilai yaitu pengalaman bekerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan, usia saat mendaftar, dan persyaratan lainnya berupa ujian tertulis.

Berita Lainnya  Resmi Dilantik, KPU Jamin Anggota PPK Bersih Dari Kepentingan Politik

Dalam melaksanakan berbagai tahapan Pilur, Eka menilai belum adanya kendala yang dihadapi. Meskipun PPKM level 4 belum diketahui kapan berakhirnya, ia menunggu instruksi dari pemerintah jika ada penundaan maupun mundurnya jadwal yang telah ditetapkan.

“Kalau bakal calon lebih dari lima, kami akan mengajukan permohonan untuk pihak panitia kabupaten menyelenggarakan ujiannya,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler