fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pantau Lalu Lintas dan Aktifitas Masyarakat, Pemkab Pasang Puluhan CCTV Berteknologi Tinggi

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul melakukan pemasangan puluhan alat Close Circuit Television (CCTV) di sejumlah kawasan. Adapun untuk sementara, lokasi-lokasi yang terpasang CCTV tersebut adalah tempat yang sekiranya padat aktifitas maupun arus lalu lintas. Pemasangan CCTV sendiri telah dilakukan oleh dinas sejak beberapa hari lalu. Diharapkan pemasangan perangkat ini mampu memantau kondisi sejumlah daerah melalui jaringan internet yang terpasang.

Kepala Seksi Infrastrukur Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul, Setyo Hartato mengungkapkan pada tahap ini, terdapat 40 titik yang dipasang kamera. Menurut Setyo pemasangan CCTV ini dilakukan sebagai salah satu sarana untuk pemantauan lalu lintas dan aktifitas warga. Alat pantau yang terhubung internet ini dipasang di wilayah perbatasan dan artifisial intelejen se kabupaten Gunungkidul.

“Sudah dilakukan pemasangan sejak beberapa hari lalu oleh tim yang kami miliki,” terang Setyo Hartato, Selasa (18/06/2019).

Adapun saat ini pihaknya tengah merampungkan proses pemasangan CCTV di pintu gerbang bagian barat Gunungkidul. Di Kecamatan Patuk terdapat 6 CCTV yang terpasang dengan rincian 2 alat yang terpasang di kawasan perbatasan, 2 alat artifisial intelegen dan 2 CCTV untuk pemantauan arus lalu lintas. Pemasangan di kawasan Patuk ini cukup diprioritaskan mengingat di kawasan inilah yang menjadi jalur utama Gunungkidul yang cukup padat aktifitas.

“Untuk pemasangan di Patuk kita targetkan selesai sekitar 2 hari ini,” imbuhnya.

Dengan adanya pemasangan ini diharapkan kondisi daerah dapat terpantau secara online atau melalui internet baik kepadatan lalu lintas maupun aktifitas masyarakat lainnya. Ke depan secara bertahap dari dinas akan mengembangkan pemasangan CCTV di pintu masuk Kabupaten Gunungkidul lainnya serta beberapa tempat-tempat yang dianggap penting untuk dipasangi CCTV.

Harapan lain yang ingin dicapai oleh pemerintah dengan pemasangan ini yakni agar pelayanan kepada masyarakat dengan perkembangan teknologi dan daerah dapat lebih mudah, murah dan cepat. Tak hanya itu, pelayanan kegawat daruratan misalnya terdapat insiden di jalanan dapat terpantau dengan baik. Hal ini juga berkaca pada sejumlah kejadian yang sebelumnya terjadi di Gunungkidul mulai dari kecelakaan ataupun insiden lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Kelik Yunianto menambahkan jika pihaknya juga terus melakukan pendataan kebutuhan CCTV di ruas jalan umum dan tempat-tempat umum lainnya. Kawasan perbatasan dan jalur sepi misalnya jalur ke pantai Baron dan kawasan Mulo dulunya disebut menjadi prioritas pemasangan CCTV ke depan.

“Antisipasi kejahatan, tindakan tidak pantas, pantauan arus lalu lintas tujuan utama kami dalam pemasangan CCTV ini,” terangnya.

Sebenarnya tak hanya jalan umum, sejak beberapa tahun lalu pemerintah telah menerapkan program pemasangan CCTV di lingkup OPD. Sudah terdapat sekitar lebih dari 200 unit CCTV terpasang di lingkup OPD dan beberapa titik lainnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler