fbpx
Connect with us

bisnis

Pasar Kreatif Laris Manis jadi Ajang Kreasi Para Seniman Jogja

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Berlatar belakang untuk saling nyengkuyung untuk tetap berdaya-upaya, Pemerintah Daerah DIY melalui Kundha Kabudayan (Dinas Kebudayaan) DIY dan Taman Budaya Yogyakarta menggelar Pasar Kreatif Laris Manis berlokasi di Jalan Parangtritis km. 3, Salakan, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Pasar yang digelar dari 24-26 November 2023 merupakan pasar seni dan kreatif guna mengakomodasi kebutuhan para pelaku seni budaya di Jogja.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan jika pihaknya memanfaatkan ruang milik Pemda DIY yang belum terkelola dan termanfaatkan secara baik, untuk kemudian difungsikan sebagai pasar apresiasi dan ekspresi seni.
“Buah karya kita bersama, mari kita apresiasi bersama. Inilah wujud kebersamaan kita bersama dalam pasar kreatif yang mungkin agak berbeda karakteristiknya dengan pasar pasar yang mungkin bapak ibu sering kunjungi. Event kali ini jadi bagian dari pilot project dan semoga laris manisnya sampai tahun depan,” tutur Dian.

Berita Lainnya  Cacar Sapi Menyerang, Aktivitas Jual Beli Merosot Tajam

Dian pun memiliki Harapan, dari langkah tersebut kelak mampu ditemukan bentuk khas yang bisa berkembang organik seiring sejalan dengan kepentingan, kebutuhan, dan perkembangan karya pelaku seni dan budayawan di Yogyakarta.
Laris Manis yang menjadi idiom masyarakat kita ini kenyataannya merupakan pengharapan akan keberhasilan dan kelancaran khususnya dalam hal perniagaan. Padahal jika merunut ke dalam, disadari atau tidak, kehidupan kita ini juga telah menjadi bagian dari perniagaan itu sendiri.
Kepala Taman Budaya Yogyakarta, Purwiati menuturkan Jogja menjadi salah satu spirit dan inspirasi untuk memberikan ruang untuk pelaku seni dan budaya untuk memajang karya kreatif, khususnya pelaku seni rupa dan keluarganya yang dapat diapresiasi oleh masyarakat luas dan dapat mengungkit dampak ekonomi untuk masyarakat dan mensejahterakan pelaku seni di Yogyakarta.
” Jadi kegiatan ini adalah dari seniman oleh seniman dan untuk seniman melibatkan lebih kurang 72 tenant yang terdiri dari pasar seni dan kerajinan pasar kuliner, permainan interaktif lokal karya dan game barter didukung dan diramaikan juga oleh grup seni pertunjukan dalam panggung laris,”ucap Purwiati.
Ragam kegiatan dihadirkan di Pasar Kreatif Laris Manis kali ini, antara lain Panggung Laris, Pasar Seni & Kerajinan, Pasar Kuliner, Permainan Interaktif, Lokakarya, dan Game Barbar.
Guna memeriahkan Pasar Kreatif Laris Manis tersaji pula panggung untuk beberapa seniman yang tampil, baik seni musik, pantomim, ataupun tari. Di antaranya adalah Sanggar Seni Sekar Kinanthi, Malmimeja, Kancil Art Dance, dan masih banyak lagi. Beberapa kelompok musik yang tak ketinggalan dalam meramaikan di antaranya ada Sangkakala, Pendhoza, Jumat Gombrong, The Produk Gagal, Horockoncong, dan lain-lain.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler