fbpx
Connect with us

Sosial

Pasar Sedekah di Tanjungsari, Warga Cukup Bayar Seikhlasnya

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Suasana bak pasar tumpah terlihat pada Jumat (26/06/2020) pagi tadi di Padukuhan Rejosari, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Sejumlah komoditi pokok berjejer di sisi kanan dan kiri gang. Selain itu juga terpampang jelas poster imbauan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan mengantri dengan jarak secara tertib sebagai himbauan kepada masyarakat. Pada Jumat pagi tadi, Karang Taruna setempat menggelar menggelar pasar sedekah di sebuah gang tak jauh dari SMK N 1 Tanjungsari.

Karangtaruna Desa Kemadang memang sengaja menggelar pasar sedekah ini sebagai upaya saling bantu membantu warga terdampak pandemi. Warga yang datang cukup membayar seikhlasnya dan mengambil maksimal empat item yang tersedia.

“Kalau untuk modal dagangan kami beli dari iuran anggota seikhlasnya, nanti hasilnya juga untuk modal selanjutnya,” ujar Ketua Karangtaruna Desa Kemadang, Supriyadi, Jumat siang.

Ia mengatakan, rencananya pasar sedekah ini akan dilaksanakan satu bulan sekali. Sengaja dalam rencana tidak dilaksanakan dengan selisih waktu dekat karena banyak pedagang sayur di lokasi tersebut.

“Takutnya justru mematikan rezeki pihak lain, niat kami untuk amal dan gotong royong,” ucapnya.

Pasar sedekah yang dihelat berkonsep lesehan. Sejumlah komoditi seperti lauk, sayuran, mie instan dan lain sebagainya tertata rapi dan sudah dibungkus menggunakan plastik.

“Kami juga mengatur jangan sampai rebutan, di depan sudah ada yang mengatur antrian,” jelas Supriyadi.

Supriyadi memperkirakan, dalam pasar sedekah perdana ini, lebih dari seratus warga turut datang ke lokasi pasar sedekah ini. Ia juga mengapresiasi warga yang datang dan tidak berebut.

“Warga juga tertib, sebulan sekali akan kami laksanakan hal serupa,” imbuh dia.

Terpisah, salah satu pembeli, Wasini mengaku bersyukur dengan adanya pasar sedekah ini. Lebih dari tiga bulan sejak Pantai Selatan ditutup lantaran pandemi, bisa dikatakan ia kehilangan penghasilan.

“Kami bersyukur dengan adanya pasar ini, sedikit terbantu,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler