fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pemerintah Segera Luncurkan Gerbang Pak Probo

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul tampaknya sedang serius untuk memulihkan ekonomi pasca covid19. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul dalam waktu dekat ini akan melaunching Gerakan Bangga Pakai Buatan Gunungkidul (Gerbang Pak Probo)

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Gunungkidul, Yuniarti Ekoningsih mengatakan, sebetulnya di Gunungkidul sebetulnya sangat kaya akan produk lokal. Dengan adanya gerakan ini diharapkan produk lokal bisa bersaing dengan produk buatan luar Gunungkidul.

“Kami sedang berkoordinasi dengan lintas OPD bagaimana ini nanti mekanismenya termasuk marketing,” papar Yuni, Rabu (18/11/2020).

Ia mengatakan, dari sisi anggaran, pihaknya kini telah mendapatkan CSR dari Bank BPD DIY. Yuni menyebut, secara umum anggaran untuk membuat gerakan ini tidak ada.

Berita Lainnya  Diisolasi, 6 Anggota Keluarga Pasien Positif Corona Tak Diperbolehkan Keluar Rumah

“Persiapannya tinggal finishing saja, ada ratusan industri kecil yang terlibat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Gunungkidul, Johan Eko mengatakan, Gerbang Pak Probo merupakan wujud dari kampanye agar produk industri kecil, menengah mampu diserap secara luas. Berawal dari internal Gunungkidul harapannya produk Gunungkidul seperti olahan makanan, tas atau kerajinan lainnya dapat diterima masyarakat secara luas.

“Kami saat ini secara intens membahas lintas OPD untuk bagaimana operasional dari program ini,” kata Johan.

Sejauh ini, lanjut Johan, para pengusaha di Gunungkidul sangat kesulitan untuk memasarkan produknya. Padahal jika dari sisi kualitas, produk di Gunungkidul seperti kerajinan maupun kain batik ataupun lurik tidak kalah dari luar Gunungkidul.

Berita Lainnya  Bisa Akses Anggaran BTT, BPBD Gunungkidul Nyatakan Siap Hadapi Potensi Bencana Skala Besar

“Apalagi karena pandemi ini, mereka sangat kesulitan pemulihan ekonomi,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler