fbpx
Connect with us

Sosial

Pemerintah Telah Cairkan Bantuan Tunai Untuk Ribuan KK, Puluhan Ribu Dalam Antrean

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah telah mulai menyalurkan bantuan sosial (bansos) tunai dari Kementerian Sosial. Bantuan senilai 600 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ini rencananya akan disear kepada puluhan ribu keluarga di Gunungkidul.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, Hadi Hendro Prayogi menuturkan, belum lama ini pemerintah melalui Kemensos telah selesai menyalurkan bansos tunai tahap pertama. Adapun rinciannya yang telah tersalurkan untuk penerima di Gunungkidul yakni sebanyak 5.446 rumah tangga.

Ia beberkan lebih lanjut, dalam penyalurannya, bantuan ini melalui Bank Himbara, BNI, BTN, BRI, dan Mandiri. Pemerintah mentransfer dana sebesar 600.000 rupiah ke rekening masing-masing rumah tangga penerima.

“Sebagian memang sudah disalurkan melalui rekening bank, saat ini masih ada puluhan ribu lainnya yang sedang dalam proses,” kata Hadi Hendro Prayogi, Rabu (06/05/2020).

Gunungkidul sendiri untuk bantuan ini mendapatkan kuota sebanyak 44.123 rumah tangga. Sehingga kemudian, masih ada 37.725 rumah tangga yang saat ini sedang dipersiapkan dengan menunggu data by name by address dari Kementerian Sosial. Pada tahap kedua ini, puluhan ribu rumah tangga tersebut akan menerima uang tunai sebesar 600 ribu rupiah yang disalurkan melalui PT Pos. Beberapa waktu lalu, koordinasi dengan lembaga ini telah dilakukan oleh pemerintah.

“Untuk yang 37.725 itu kami masih menunggu petunjuk lanjutan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk anggaran bantuan sosial, Kabupaten Gunungkidul mendapatkan kuota sebesar lebih dari 25 miliar rupiah. Bantuan sosial sendiri dialokasikan untuk penanganan covid 19 khususnya di bidang jaring pengaman sosial.

Menurut Hadi, data penerima bantuan itu diambilkan dari data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dan data yang dimiliki oleh pemerintah pusat. Selain bansos tunai, rencananya pemerintah juga akan menyalurkan program sembako atau BPNT kepada 11.568 rumah tangga di Kabupaten Gunungkidul.

“Ada belasan ribu rumah tangga yang mendapatkan bantuan melalui program sembako. Sedang proses, pembagian kartu sampai dengan 11 Mei mendatang,” jelasnya.

Untuk program sembako ini, lagi-lagi penyalurannya melalui bank yakni bank Mandiri. Disinggung mengenai akurasi data, Hadi mengungkapkan jika nantinya akan ada kesemparan verifikasi data. Bagi keluarga yang mampu tidak akan diusulkan pada penerimaan di bulan berikutnya.

“Penyaluran ini butuh proses dan waktu. Dari pemerintah berupaya semaksimal mungkin dalam pengajuan data, masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan pun diupayakan semaksimal mungkin dari berbagai skema program bantuan yang ada,” tambah dia.

Sementara itu, Koordinator PKH Dinas Sosial Gunungkidul, Herjun Pengaribowo menuturkan, pada bulan April 2020 lalu telah disalurkan bantuan PKH ke masing-masing KPM. Untuk bulan Mei ini, rencanaya minggu ke 3 sampai dengan minggu ke 4 akan kembali disalurkan bantuan tersebut.

“Bulan April kemarin ada 56.874 penerima program ini,” kata Herjun.

Adapun besaran yang diterima masing-masing penerima bantuan berbeda. Tergantung dengan komponen yang dimiliki, ada yang hanya mendapatkan ratusan ribu, bahkan ada yang mendapatkan jutaan rupiah.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler