fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pengajuan Pendanaan Perpustakaan 10 Miliar Disetujui, Pembangunan Akan Dilakukan Tahun Depan

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Usulan Pemkab Gunungkidul untuk pembangunan perpustakaan senilai 10 Miliar akhirnya disetujui oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Bappenas sendiri sudah melakukan verifikasi terkait dengan proposal yang sebelumnya diajukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gunungkidul. Anggaran tersebut diajukan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala DPK Kabupaten Gunungkidul, Ali Ridlo menjelaskan, dalam penilaian yang dilakukan oleh Bappenas, DPK Gunungkidul dianggap berhasil memanfaatkan perpustakaan yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Perpustakaan di Kabupaten Gunungkidul dinilai telah bertransformasi menjadi perpustakaan layanan berbasis inklusis sosial. Sehingga kemudian, pengajuan DPK Gunungkidul untuk membangun gedung perpustakaan baru disetujui. Bappenas juga menyetujui pengajuan anggaran sebesar 10 miliar yang sebelumnya diminta DPK Gunungkidul.

Berita Lainnya  Cuaca Diperkirakan Bersahabat, Pertanian Gunungkidul Ditarget Hasilkan 300.000 Ton Gabah Kering

“Pada Januari 2020 depan, kami harap sudah harus mulai proses lelang sehingga pada bulan Juli, sudah kontrak dan Desember sudah selesai dibangun,” kata Ali Ridlo kepada pidjar.com, Jumat (06/09/2019).

Terkait persiapan pembangunan ini, pihaknya akan menggelar sinkronasi dengan perpustakaan nasional (Perpusnas) dan Bappenas di Jakarta. Pertemuan itu sendiri akan dilakukan pada Rabu (11/09/2019) mendatang.

Perpustakaan tersebut nantinya diharapkan akan semakin meningkatkan minat baca masyarakat. Pembangunan sendiri rencananya berada di bekas parkir pemadam kebakaran sebelah barat Disdukcapil.

“Untuk 10 Miliar itu hanya gedung, sementara untuk fasilitas seperti AC untuk penunjang lainnya ke depan akan kami ajukan melalui DAK lagi,” kata Ali.

Terpisah, anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul, Heri Nugroho menyatakan, pihaknya menyambut positif rencana perpustakaan yang akan dibangun megah tersebut. Hal tersebut karena bersumber dari anggaran pusat.

Berita Lainnya  Kadishub DIY Usulkan Pemindahan Gembira Loka ke Gunungkidul Guna Atasi Kemacetan, Begini Respon Pemkab

“Kami hanya berharap, gedung itu bisa memenuhi kebutuhan perpustakaan. Ada tempat parkir, ruang baca yang nyaman, ruang yang memudahkan pembaca untuk mencari buku, membaca dengan enak, ruang auditorium untuk kegiatan,” kata Heri.

Ia juga berharap keberadaan gedung tersebut nantinya akan dibarengi dengan meningkatnya minat baca masyarakat Kabupaten Gunungkidul. Dengan catatan, harus ada buku yang lengkap.

“Apa yang disediakan perpustakaan harus lengkap dan koleksinya diperbanyak,” pungkasnya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler