fbpx
Connect with us

Peristiwa

Penyu Seberat 30 Kilogram Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang

Diterbitkan

pada

BDG

Tanjungsari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Seekor penyu berukuran besar ditemukan mati di kawasan Pantai Sepanjang, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Sabtu (28/11/2020) pagi. Saat ditemukan kondisinya sudah membusuk. Kendati demikian belum diketahui secara pasti penyebab matinya penyu tersebut.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono mengatakan, peristiwa penemuan penyu mati di Pantai Sepanjang merupakan kali ketiga dalam satu tahun ini. Untuk pagi tadi, penyu tersebut ditemukan oleh pedagang yang hendak berjualan di sekitar pantai.

“Pedagang mencium ada aroma busuk, kemudian setelah dicari ternyata penyu mati,” kata Marjono, Sabtu siang.

Ia menambahkan, penyu yang belum diketahui jenisnya itu berukuran cukup besar dengan perkiraan berat sekitar 30 kilogram. Petugas SAR pun kemudian menguburkan bangkai tersebut agar tidak menimbulkan bau.

“Jenisnya belum diketahui ini memiliki panjang 30 cm, lebar 20 cm, dan berat sekitar 30 kg,” terang dia.

Ia menambahkan, untuk penyebab kematian penyu belum diketahui secara pasti. Ia menegaskan bahwa nelayan di sepanjang pantai selatan Gunungkidul dalam beberapa tahun terakhir ini sudah tidak mau menangkap penyu. Selain sudah ada sosialisasi, nelayan juga mengetahui keberadaan penyu di perairan sudah langka.

Berita Lainnya  Nasabah Perempuan Merasa Diancam, Tukang Tagih Bank Plecit Nyaris Dimassa

“Kesadaran nelayan sudah baik, mereka tak mau lagi menangkap penyu,” ungkap dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler