fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Permudah Layanan Masyarakat, Dukcapil Jalin Kerjasama dengan Puluhan Kalurahan dan Rumah Sakit

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Gunungkidul terus melakukan inovasi untuk mempermudah kepengurusan administrasi kependudukan. Sedikitnya saat ini sudah ada 42 kalurahan, lima rumah sakit dan satu bidan yang sudah bisa melayani administrasi kependudukan bagi warga masyarakat.

Kepala Seksi Inovasi Disdukcapil Gunungkidul, Ruspamilu Yulianto mengatakan, pelayanan admimistrasi kependudukan ini berupa Paket Latika yakni Pelayanan Akte Kelahiran, Kematian, Kartu Keluarga dan KIA. Rencananya Disdukcapil akan menambah tujuh kalurahan untuk kerjasama dalam pelayanan Akminduk tersebut.

“Sudah ada 42 kalurahan, besok akan ada kerjasama dengan tujuh lagi,” kata Ruspamilu, Selasa (15/06/2021).

Ia menambahkan, tujuh kalurahan tersebut antara lain, Baleharjo, Piyaman, Karangrejek, Pulutan, Sumberwungu, Gading dan Genjahan. Pelayanan ini ia sebut sebagai inovasi dari Disdukcapil agar mendekatkan diri kepada masyarakat dalam kepengurusan administrasi kependudukan.

“Intinya kami berkomitmen akan mempermudah dalam pelayanan agar masyarakat bahagia,” jelas Rus.

Rus menyebut, terobosannya ini mampu menambah minat masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan. Dengan inovasi ini ia menyebut ketertiban penduduk dalam pengurusan administrasi naik sekitar 35%.

“Untuk tahun ini kami menargetkan 18 kerjasama lagi. Mudah-mudahan pelayanan administrasi ini semakin memudahkan masyarakat. Mereka tidak perlu ke kantor untuk ngurus ini itu,” kata Rus.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Markus Tri Munarja menghimbau masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan. Hal ini, nantinya akan  kembali mempermudah masyarakat dalam mendapatkan hak-haknya sebagai masyarakat.

“Harapan kami nantinya masyarakat bisa semakin tertib adminduk,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler