fbpx
Connect with us

Politik

Persaingan Sengit Antar Parpol, Golkar Optimis Raih 6 Kursi DPRD Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar optimis meraih 6 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunungkidul dan tiga kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia pada Pemilu 2024. Hal ini mengacu pada hitung cepat yang dilakukan oleh tim.

Ketua DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan berdasarkan hitungan cepat yang dilakukan oleh timnya, Golkar mendapatkan 6 kursi sebagai wakil rakyat di tingkat kabupaten. Adapun rinciannya, 1 kursi di Dapil I, 1 kursi di Dapil II, 2 kursi di Dapil III, 1 kursi di Dapil IV, dan 1 kursi di Dapil V. Jumlah ini kursi dewan yang diperoleh pada Pemilu 2024 ini bertambah satu kursi dari periode 2019 kemarin.

“Iya alhamdulillah puji syukur untuk Pemilu 2024, hitungan cepat berdasarkan C1 dari saksi, 59.884 suara kami dapatkan. Dimana hitungan kami Golkar mendapatkan 6 kursi,” papar Heri Nugroho.

Berita Lainnya  Martanty: Gunungkidul Masih Butuh Sentuhan Pemimpin Perempuan

Dirinya tidak memungkiri bila persaingan antara caleg-caleg di beda partai maupun 1 partai cukup sengit. Tak sedikit incumbent yang tumbang setelah bertarung dengan caleg-caleg anyaran. Hal semacam ini tentunya wajar terjadi, sebab masing-masing memiliki visi dan misi untuk mendapatkan kursi anggota dewan sebagai wakil rakyat.

“6 kursi ini versi kami. Tentunya kami menghormati KPU yang masih melakukan rekapitulasi di tingkat kapanewon. Selain menunggu hasil rekapitulasi, kami juga mengawal penuh jalannya rekapitulasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,”sambung dia.

Pada kontestasi demokrasi kali ini aroma persaingan menurutnya sangat kental. Dimana di detik-detik terakhir pelaksanaan coblosan justru semakin sengit.

“Persaingan bukan di 5 tahun terakhir tapi di 10 hari terakhir luar biasa sekali. Iya sangat sengit, kedepan kita tetep membangun masyarakat, menjaga katresnan dan lebih siap amunisi,” jelasnya.

Berita Lainnya  NasDem Telah Kantongi Nama Calon Wakil Bupati Pendamping Wahyu Purwanto

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul Asih Nuryanti mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan perolehan suara terbanyak dan perolehan kursi tiap-tiap partai. Sebab pihaknya masih menunggu rekapitulasi berjenjang, dimana nantinya setelah di tingkat kapanewon akan dilanjutkan di tingkat KPU daerah.

Disinggung mengenai prediksi masing-masing partai seperti PDI Perjuangan 8 kursi, Nasdem 8 kursi, Golkar 6 kursi, PAN 6 kursi, PKB 6 kursi, Gerindra 5 kursi dan Demokrat 2 kursi, ia mengatakan hal itu sah-sah saja diklaim dan diprediksi oleh parpol. Sebab partai memiliki saksi yang juga bertugas pada pelaksanaan pemilu 2024 lalu.

“Partai kan memiliki saksi, jadi mereka bisa dengan hitangan cepat mengetahui berapa suara yang didapat oleh masing-masing caleg dan memprediksi berapa kursi yang diperoleh,” imbuh dia.

“Kalau KPU, kami masih menunggu perhitungan secara berjenjang. Untuk saat ini progress rekapitulasi di seluruh kapanewon,” ucap Asih.

Berita Lainnya  Rekomendasi DPP Golkar Resmi Turun, Sunaryanta Urus Pengunduran Diri Dari TNI

Lebih lanjut ia mengatakan, pleno rekapitulasi hasil perhitungan dan perolehan suara ditingkat kecamatan di wilayah Kabupaten Gunungkidul, sempat dihentikan atau diskors sementara waktu, pada Senin (19/2/2024) kemarin. Hal ini dilakukan sesuai dengan arahan pimpinan. Penghentian rekapitulasi suara disebabkan pihak KPU sedang melakukan evaluasi proses dan perbaikan sarana prasarana pada aplikasi Si-rekap.

“Benar memang sempat dihentikan tapi hari ini, proses rekapitulasi suara sudah dilanjutkan kembali. Pemberhentian (skorsing) tidak ada satu hari,”kata dia Selasa pagi.

Dijelaskan, untuk rekapitulasi sendiri di beberapa kapanewon yang diperkirakan selesai hari ini yaitu kapanewon Tanjungsari, Paliyan, Playen. Kemudian Panggang, Purwosari, Ngawen, dan Tepus juga diperkirakan selesai.

“Kalau untuk temuan, sejauh ini berjalan baik. Di hari pertama memang sirekap itu sempat lelet tapi hanya beberapa menit saja,” tutup Asih.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler