fbpx
Connect with us

Budaya

Persiapan Pembukaan Cupu Panjala, Puluhan Ingkung Disajikan, Pengamanan Kepolisian Super Ketat

Published

on

Panggang,(pidjar.com)–Senin (05/10/2020) ini bertepatan dengan pembukaan Cupu Kyai Panjala. Sejumlah ritual pun telah mulai dilaksanakan sejak sore tadi. Pihak kepolisian turut berjaga untuk mengantisipasi terjadinya hal tak diinginkan.

Pantauan di lokasi, sejumlah aparat kepolisian bersama TNI berjaga di JJLS di Kalurahan Girisekar. Pasalnya lokasi itu menjadi tempat parkir bagi orang yang hendak mengikuti jalanya ritual.

Di lokasi pembukaan cupu, tepatnya di rumah milik Dwijo Sumarto di Padukuhan Mendak, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang juga sudah terlihat sejumlah ritual dilakukan sejak sore tadi.

Dwijo sendiri sekitar pukul 18.00 WIB tadi terlihat duduk bersila di depan pintu dimana cupu disimpan, kemudian dibelakangnnya beberapa orang mengikuti memanjatkan doa. Sebuah tungku dengan nyala api dan aroma khas sesaji menambah kesan sakral tradisi tersebut.

Di sisi lain sejumlah orang nampak berada di rumah bagian belakang, mereka disibukan dengan urusan dapur. Beberapa ekor ayam telah dimasak menjadi ingkung. Tungku juga berjejer terlihat penuh dengan beras yang dimasak.

“Hari ini sudah ada 40 ekor ayam yang diberikan oleh mereka yang merasa doanya terkabul,” kata Dwijo, Senin (05/10/2020).

Dwijo menambahkan, prosesi inilah yang membuat pembukaan cupu dilakukan pada malam hari. Biasanya acara akan dimulai ketika semua bahan dari orang yang datang selesai dimasak.

Menurutnya, tradisi yang dilakukan pada tahun ini cukup banyak perbedaan. Terutama terhadap jumlah pengunjung. Sebab sesuai dengan kesepakatan pengunjung dibatasi.

“Kita mengutamakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” kata dia.

Kepala Seksi Media dan Peliputan, Diskominfo Gunungkidul, Sumarno mengatakan, pemerintah akan menggelar live streaming pembukaan cupu panjala. Hal yang diselenggarakan oleh Diskominfo ini upaya antisipasi penyebaran covid-19 harapannya agar di lokasi tidak terjadi kerumunan.

“Kita tidak tau to kalau yang datang itu dari mana saja. Ya antisipasi biar tidak ada kerumunan jadi kita lakukan live di channel youtube Dhaksinarga TV,” kata dia.

Terpisah, Kapolsek Panggang AKP Mujiman mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah berada di lokasi untuk mengamankan jalanya tradisi pembukaam Cupu Kyai Panjala. Puluhan personil disiagakan di sekitar lokasi hingga prosesi selesai pada Selasa dini hari.

“Anggota Polsek Panggang 20 personil dari Polres Gunungkidul 15 personil Pol PP 15 personil, karang taruna 25 personil dari TNI AD sebanyak 20 personil. Kita harapkan acara dapat lancar dan terutama mematuhi protokol kesehatan,” beber dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler