fbpx
Connect with us

Sosial

Persiapan Vaksinasi Covid-19, Puluhan Petugas Medis Dapat Pelatihan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Tanggal 14 Januari 2021 mendatang pemerintah merencanakan vaksinasi covid-19 bagi tenaga medis yang masuk dalam kriteria penerima vaksin. Saat ini Dinas Kesehatan sendiri tengah bersiap untuk menerima ribuan dosis vaksin tersebut. Persiapan sumber daya manusia yang bertugas menyuntikkan vaksin sendiri juga telah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, pihaknya telah memberikan pelatihan dan pembekalan kepada puluhan medis du Gunungkidul yang nantinya ditunjuk sebagai petugas vaksinator. Adapun semula sebanyak 68 petugas medis telah dibekali pelatihan, kemudian rencananya akan dilakukan penambahan 12 orang lagi sehingga totalnya 80 orang.

Nanti mereka bertugas di unit-unit puskesmas dan rumah sakit,”kata Dewi Irawaty.

Pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini, ada 3.396 tenaga medis yang mendapatkan vaksin namun nantinya dalam pelaksanaan akan dilakukan seleksi siapa saja yang mendapatkan vaksin tersebut. Diantaranya yang menjadi prioritas adalah nakes yang pernah terkonfirmasi positif, hamil, ada riwayat penyakit bawaan ataupun mereka yang terjun langsung dalam penanganan.

Baru medis saja, untuk masyarakat umum belum. Satu orang membutuhkan 2 dosis vaksin,” tambah dia.

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap program vaksin di tahap awal, juga diberikan kepada pejabat daerah seperti bupati, sekretaris daerah, kepala dinas kesehatan hingga direktur RSUD rujukan Covid-19.

Berita Lainnya  Tekan Mobilitas Masyarakat di Tengah Pandemi, Layanan SIM Keliling Blusukan ke Desa

Kendati demikian, ada beberapa tidak semua mendapatkan vaksin jenis Sinovac. Karena ada syarat khusus lagi yaitu usianya 18-59 tahun. Sebagai contohnya, Bupati Gunungkidul tidak masuk dalam kriteria penerima vaksin karena usianya sudah diatas syarat vaksin Sinovac itu.

Sampai Jumat (08/01/2020) kemarin belum ada distribusi ke kita. Pasti informasinya vaksin sudah sampai di Provinsi,” lanjut Dewi.

Disinggung mengenai penyimpanan ia mengatakan, vaksin tersebut nantinya akan disimpan di cold room yang telah dimiliki oleh dinas. Tidak menutup kemungkinan ada koordinasi lintas untuk penjagaan vaksin covid-19 itu.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler