fbpx
Connect with us

Politik

Pilkada Gunungkidul Diperkirakan Maksimal Akan Diikuti 6 Pasangan Calon

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Berdasarkan hasil Pileg 2019 serta kemungkinan adanya calon independen, dalam Pilkada 2020 mendatang diperkirakan maksimal bisa diikuti oleh 6 pasangan calon. Terkait hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan anggaran Pilkada 2020 sesuai dengan perkiraan maksimal pasangan calon yang diperkirakan bisa ikut.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, berdasarkan pemetaan hasil perolehan kursi pada Pemilu 2019 lalu, pihaknya memperkirakan maksimal ada 6 pasalon yang akan bersaing dalam Pilkada tahun depan. Dari 6 paslon itu, 4 diantaranya bisa diusung oleh partai politik sedangkan dua kemungkinan sisanya merupakan calon independen.

“Prediksi kita maksimal ada 6 pasang calon yang bakal bersaing untuk menjadi bupati dan wakil bupati,” terang Hani, Senin (15/07/2019).

Hani menjelaskan, prediksi ini dibuat bukan tanpa alasan. Bahkan menurutnya prediksi ini wajib untuk dilakukan guna pembuatan pengajuan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sebelumnya telah diketahui. Pilkada tahun depan sendiri diperkirakan bakal menyedot anggaran sebesar Rp 29 miliar.

Berita Lainnya  Parpol Telat Kumpulkan Desain, Gunungkidul Jadi Yang Terakhir Terima Pembagian APK

“Prediksi ini dibuat untuk menentukan anggaran yang akan digunakan. Jangan sampai ada 5 atau 6 calon tapi anggaran kita hanya untuk 4 calon,” terang dia.

Namun begitu, anggaran yang dikabarkan beberapa waktu lalu itu belumlah jumlah final. KPU sendiri saat ini masih melakukan pembahasan internal untuk penentuan jumlah pasti anggaran yang bakal digunakan.

“Jadi saat ini kami sedang dalam tahapan pembahasan internal belum final jumlah anggaran yang dibutuhkan, nanti setelah final akan diajukan ke pemerintah Kabupaten,” ucapnya.

Perlu diketahui, hingga saat ini belum ada tokoh atau sosok yang secara mendeklarasikan diri sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati. Namun demikian, sejumlah sosok baik dari pentolan partai politik, akademisi, pejabat pemkab hingga anggota TNI aktif bakal bersaing menjadi pemimpin Gunungkidul.

Berita Lainnya  Mengenal Sepak Terjang Suharno di Partai Nasdem dan Ambisinya Birukan Gunungkidul

Sebelumnya partai pemenang Pilkada 2015 di Gunungkidul, PAN melalui Sekretaris DPD PAN, Anwarudin mengatakan saat ini pihaknya masih terus melakukan koordinasi internal untuk pembahasan calon bupati wakil bupati. Sosok ketua partai hingga wakil bupati saat ini disebut berpeluang bersaing pada Pilkada 2020.

“Selain itu kami juga melakukan komunikasi dengan partai lainnya yang bertujuan penjajakan koalisi. Untuk kesepakatan siapa yang akan maju memang belum final tetapi kami memiliki kader-kader yang siap seperti Pak Immawan, Arif Setiadi, Dodi Wijaya, Supriyadi, dan Totok Daryanto,” katanya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler