fbpx
Connect with us

Politik

Pilkada Gunungkidul, Tak Ada Bakal Calon Independen Serahkan Berkas ke KPU

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)—Tanggal 8 Mei 2024 hingga Minggu 12 Mei 2024 kemarin Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul membuka pendaftaran bagi bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan berkontestasi tanpa melalui partai politik atau calon independen. Namun hingga batas akhir pendaftaran tidak ada satupun bakal calon perseorangan yang menyerahkan berkas ke KPU Gunungkidul.

“Nihil atau tidak ada bakal calon yang menyerahkan berkas ke KPU,” kata Ketua KPU Gunungkidul, Asih Nuryanti.

Meski tidak ada pendaftar, KPU Gunungkidul tidak melakukan perpanjangan masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen. Pihaknya pun terus melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Berita Lainnya  Dorong Musisi Terus Berkarya, Immawan Wahyudi Janji Bangun Studio Rekaman Berkelas

“Dari awal disosialisasikan sampai dengan hari terakhir pendaftaran tidak ada yang komunikasi ataupun penyerahan berkas,” jelas dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, pada 24 April 2024 lalu pihaknya mengeluarkan putusan tentang syarat jumlah dan persebaran dukungan pasangan calon perseorangan peserta Pilkada 2024 sebanyak 45.987 orang dan tersebar di paling sedikit di sepuluh kapanewon. Hal itu mengacu pada SK KPU Gunungkidul No. 490 tahun 2024.

“Kalau untuk pendaftaran bakal calon dari partai akan dibuka pada 24 sampai 27 Agustus 2024 mendatang,” imbuhnya.

Untuk sekarang ini, proses persiapan adat tahapan yang dilakukan adalah pembentukan adan adhoc baik PPK maupun PPS. Tahapan sendiri terus berjalan.

Berita Lainnya  Efisiensi Anggaran Rapat Hingga Perjalanan Dinas, Bawaslu Hemat 300 Juta

Beberapa partai politik sejak bulan lalu sudah mulai membuka pendaftaran bagi bakal calon bupati dan wakil bupati. Misalnya saja Partai Golkar dengan 11 pendaftar, kemudian Partai NasDem dengan 3 pendaftar, Partai Gerindra yang masih membuka pendaftaran hingga beberapa hari kedepan, pun demikian dengan partai Demokrat yang masih terus berproses.

“Untuk DPC Gerindra masih melakukan penjaringan dan pendaftaran. Sampai dengan hari ini (Rabu) ada 8 pendaftar dari berbagai latar belakang seoerti akademisi, Wakil Bupati, Pengusaha, dan lainnya,” ujar Ketua DPC Gerindra Gunungkidul, Purwanto saat dikonfirmasi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler