fbpx
Connect with us

Peristiwa

PO Maju Lancar dan Rosalia Indah Jadi Sasaran Operasi Petugas

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Menyambut arus mudik dan balik lebaran, Dinas Perhubungan Gunungkidul bersama Satlantas Polres Gunungkidul melakukan pengecekan kendaraan angkutan atau ramcek di sejumlah Perusahaan Otobus (PO) dan terminal, Senin (17/04/2023).

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto, mengatakan pelaksanaan ramcek ditujukan untuk memberikan rasa aman bagi penumpang angkutan saat mudik lebaran tahun ini. Kegiatan yang dilaksanakan rutin menjelang Hari Raya Idul Fitri itu menyasar PO Maju Lancar, PO Rosalia Indah dan Terminal Semin.

“Kita cek hari ini di PO Maju Lancar dan PO Rosalia Indah yang sudah melayani rute antar provinsi,” jelasnya.

Hasil pengecekan acak di PO Maju Lancar disebutnya secara umum kendaraan dinyatakan layak jalan. Untuk pengecekan surat-surat penting dimulai dengan memastikan SIM pengemudi dan STNK masing-masing armada yang dilanjutkan dengan pengecekan fisik seperti lampu utama, klakson, lampu sen, rem dan sebagainya.

“Kemudian kalau belum layak jalan untuk segera diproses sampai dengan menjelang arus mudik besok,” ujarnya.

Berita Lainnya  Satroni Rumah Warga Semanu Tengah Malam, Maling Bawa Kabur Honda Beat

“Tidak ada temuan, PO Maju Lancar rutin uji KIR di Dinas Perhubungan. Jadi ini juga menjadi sarana transportasi yang aman,” imbuh Rakhmadian.

Terkait arus mudik lebaran, Dinas Perhubungan Gunungkidul memprediksi pada tahun ini puncak arus mudik terjadi pada tanggal 19 April hingga 20 April. Dari pantauan yang dilakukan, sejak tanggal 15 April hingga sekarang sudah ada kenaikan kendaraan arus mudik di Gunungkidul hingga 20%. Sejauh ini, jalan utama Jogja-Wonosari masih menjadi pilihan pemudik untuk datang ke Gunungkidul. Disebutnya jika presentase pemudik akan meningkat signifikan hingga 30% sampai 40% pada puncak arus mudik mendatang.

“Tahun kemarin ada 149 ribu pemudik, kalau tahun ini ada peningkatan sekitar 10%-15%,” tutup Rakhmadian.

Berita Lainnya  Sempat Titipkan Keluarga Pada Tetangga, Suharto Gantung Diri di Kuburan

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler