fbpx
Connect with us

Peristiwa

Pohon Ambruk Timpa Rumah Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang Kemarin Sore

Published

on

Ngawen,(pidjar.com)–Sebuah pohon berukuran besar menimpa rumah di Padukuhan Duren, Kalurahan Beji, Kapanewon Ngawen stelah diguyur hujan deras pada Kamis (23/12/2021) sore. Meski dalam kejadian tidak terdapat korban nyawa maupun luka, namun kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Agus Wibowo, menyampaikan pohon petai yang roboh tersebut menimpa rumah milik Surono (64) setelah terhempas angin kencang yang terjadi saat itu.

“Kejadian sekitar jam 17.00 WIB, sementara sudah terkondisikan,” ucapnya, Jumat (24/12/2021).

Konstruksi bangunan rumah milik Surono yang sebagian besar adalah kayu yang masih terbilang kokoh sehingga beruntung masih bisa menahan timpaan pohon petai tersebut. Warga sekitar yang mengetahui kejadian langsung datang dan mengevakuasi penghuni rumah yaitu Surono (64), Jaminah (60), M Abdul Aziz (16), dan Sugeng (67) yang saat kejadian berada di dalam rumah.

“Proses evakuasi pohon yang tumbang dilanjutkan pagi ini,” sambung Agus.

Lebih lanjut, Agus menyampaikan jika  saat ini masyarakat patutnya lebih waspada memperhatikan lingkungan sekitar ketika hujan turun disertai angin kencang. Pasalnya kejadian adanya tanah longsor ataupun pohon ambruk yang menimpa rumah kerap terjadi ketika musim penghujan datang. Kejadian yang terus berulang tersebut seharusnya dapat diantisipasi dan diminimalisir segini mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Alhamdulillah rumah masih kuat menahan pohon petai yang ambruk, tapi kerugiannya diperkirakan Rp. 5 juta,” tutup Agus.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler